Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Agu 2021 09:23 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Tahu? Sekretariat ASEAN Berada di Kota Jakarta

Gedung Sekretariat ASEAN diresmikan Jokowi hari ini. Sebelum menjadi gedung Sekretariat ASEAN, bangunan itumerupakan kantor Wali Kota Jakarta Selatan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Mungkin tak banyak yang tahu, kalau Sekretariat ASEAN berada di Kota Jakarta. Berikut sejarahnya.

Dikutip detikTravel dari situs resminya, Kamis (19/8/2021), Sekretariat Nasional (Setnas) ASEAN Indonesia dibentuk berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2008 tentang Pengesahan Charter of the Association of Southeast Asian Nations (Piagam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) sebagai implementasi dari pengesahan Indonesia terhadap Piagam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Charter).

Setnas ASEAN Indonesia pada awalnya dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden No. 23 Tahun 2012 tentang Susunan Keanggotaan Setnas ASEAN Indonesia. Guna mengakomodasi perubahan nomenklatur Kementerian/Lembaga yang merupakan anggota Setnas ASEAN Indonesia serta memastikan agar Setnas ASEAN Indonesia dapat mendukung dan memberikan kontribusi yang lebih baik terhadap pencapaian program-program strategis nasional pada ketiga pilar kerja sama ASEAN yaitu bidang politik dan keamanan ekonomi dan sosial budaya.

Adapun dalam prosesnya, hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2020 tentang Sekretariat Nasional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (The Association of Southeast Asian Nations).

Kantornya sendiri berada di Kota Jakarta, tepatnya di Jl Sisingamangaraja No. 70A Kebayoran Baru. Gedung yang mewakili ASEAN itu juga diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Gedung baru ini mencerminkan spirit baru ASEAN, 'the new ASEAN', ujar Presiden Jokowi saat meresmikannya pada 8 Agustus 2019 lalu atau berbarengan dengan hari jadi ke-52 ASEAN.

Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut :

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2020 tentang Sekretariat Nasional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (The Association of Southeast Asian Nations), Setnas ASEAN Indonesia mempunyai tugas untuk mengoordinasikan urusan ASEAN di tingkat nasional dan memfasilitasi penyusunan rekomendasi kebijakan nasional di forum ASEAN.

Pada Pasal 3 dalam Peraturan Presiden dimaksud termaktub pula bahwa Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia menyelenggarakan fungsi:

1. Pumpunan pada tingkat nasional
2. Penyimpan informasi mengenai semua urusan ASEAN pada tingkat nasional
3. Pengoordinasian pelaksanaan keputusan ASEAN pada tingkat nasional
4. Pengoordinasian dan pemberian dukungan dalam persiapan nasional untuk pertemuan ASEAN
5. Pemajuan identitas dan kesadaran ASEAN pada tingkat nasional dan pemberian kontribusi pada pembentukan Masyarakat ASEAN.

Masyarakat ASEAN adalah suatu masyarakat yang berlandaskan pada Visi ASEAN untuk menciptakan masyarakat yang terintegrasi, damai dan stabil dengan kesejahteraan bersama yang dibangun melalui aspirasi dan komitmen terhadap Piagam ASEAN.



Simak Video "Jokowi Desak Implementasi ASEAN Travel Corridor "
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA