Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Agu 2021 22:01 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Panjat Tugu Puncak Lawu, 2 Pemuda Dihukum Bupati Karanganyar

Andika Tarmy
detikTravel
Pemuda yang viral memanjat tugu puncak Lawu menghadap Bupati Karanganyar, Selasa (24/8/2021). Foto: Andika Tarmy/detikcom
Foto: Andika Tarmy

Ditemui usai bertemu bupati, Rizki mengaku nekat naik ke Puncak Lawu menggunakan jalur tak resmi. Dirinya memilih jalur tersebut karena mengetahui akan dilarang jika melewati jalur resmi.

"Naik dari Jogorogo Ngawi, lewat jalur trobos. Saya tahu kalau (pendakian) ditutup sehingga cari jalur lain. Kalau saya lewat basecamp pasti disuruh balik. Jauh-jauh dari Jogja disuruh balik," ujarnya.

Mahasiswa salah satu kampus di Yogja itu mengaku sengaja naik Gunung Lawu untuk memperingati hari kemerdekaan. Berdua bersama rekannya, Wahyu, dia memulai pendakian pada tanggal 16 Agustus 2021.

"Berangkat tanggal 15 Agustus malam dari Jogja, naik (mendaki) tanggal 16, sampai di puncak tanggal 17 Agustus pagi. Sudah dua kali saya lewat jalur Jogorogo," terangnya.

viral pemuda panjat hargo dumilahviral pemuda panjat Tugu Hargo Dumilah di Puncak Gunung Lawu Foto: Tangkapan layar

Rizki mengakui aksinya sudah dia persiapkan sebelumnya. Kepada wartawan, Rizki menyebut ulahnya itu hanya untuk mencari sensasi belaka.

"Kasarannya saya cari sensasi saja. Bendera sudah disiapkan. Saya sudah dua kali naik tugu (puncak Lawu)," kata dia.

Rizki mengaku telah menyadari kesalahannya. Dia meminta maaf netizen dan menyanggupi persyaratan bupati untuk menanam 17 pohon di kawasan Lawu. "Saya mengakui kesalahan saya, semoga netizen mengampuni, harapan saya seperti itu. Insyaallah sanggup tanam 17 pohon, rencana akan tanam pohon damar atau cemara gunung," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Penampakan Awan Bertopi di Puncak Gunung Lawu"
[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA