Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Agu 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Pintu Kargo Terbuka di Udara, Pilot Terpaksa Putar Balik ke Bandara

Pintu pesawat kargo terbuka saat mendarat
Foto: Pesawat Aerosucre pintunya terbuka (AP)
Jakarta -

Apes betul nasib pilot di Kolombia ini. Pintu kargo pesawat yang dia kemudikan tiba-tiba terbuka sesaat setelah mengudara. Dia terpaksa balik lagi ke bandara.

Pesawat Boeing 737 milik perusahaan bernama Aerosucre mengalami insiden yang cukup konyol. Pintu kargo pesawat mereka tiba-tiba terbuka sendiri setelah pesawat berhasil take off ke udara.

Sang pilot sendiri yang menyadari kesalahan itu. Dia pun memutuskan untuk kembali lagi ke bandara dimana dia lepas landas, karena tidak mungkin dia meneruskan perjalanan dengan kondisi pintu kargo terbuka lebar.

Dilansir detikTravel dari AP, Jumat (27/8/2021), sang pilot akhirnya berhasil mendaratkan kembali pesawat Boeing 737 tersebut di bandara Fabio Alberto Leon Bentley. Pesawat mendarat dengan kondisi pintu kargo terbuka lebar dan terayun-ayun ditiup angin.

Beruntung, tidak ada korban luka dari insiden tersebut. Pesawat Aerosucre itu memang bukan pesawat penumpang, melainkan pesawat kargo. Pesawat itu rencananya akan membawa barang-barang dari kota Mitu menuju ke Bogota, ibu kota Kolombia.

Otoritas penerbangan setempat kini tengah melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab insiden tersebut. Pihak Aerosucre juga turut membantu dengan melakukan investigasi internal terkait insiden itu.

Usut punya usut, pesawat dengan nomor registrasi HK-5026 itu telah beroperasi selama 40 tahun, termasuk 12 tahun beroperasi sebagai pesawat kargo.

Pintu pesawat memang harus dalam keadaan tertutup saat terbang. Pintu yang terbuka dapat berakibat fatal bagi keselamatan penumpang maupun pilot, terutama terkait dengan tekanan kabin.

Salah satu dampak buruk akibat pintu pesawat terbuka ketika di udara adalah bisa terjadi dekompresi. Decompression adalah situasi di mana tekanan dalam kabin berkurang secara tiba-tiba.



Simak Video "Penampakan Pesawat Kargo yang Tergelincir di Bandara Yuvai"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA