Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Agu 2021 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Studi Terbaru di Inggris: Lampu Jalan Bikin Populasi Serangga Turun

Three chocolate ice cream balls in a brown bowl shot on dark abstract table. The ice cream is covered with chocolate fudge and chocolate sprinkles. Chocolate pieces and chocolate sprinkles are scattered on the table as well as ice cream cookie cones. Two dessert spoons complete the composition. Predominant color is brown. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM
Foto: Ilustrasi serangga (iStock)
London -

Menurut sebuah studi terbaru di Inggris, tim peneliti menemukan bahwa ternyata lampu jalanan menyebabkan turunnya populasi serangga.

Hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Science Advances menyebut cahaya lampu jalanan ternyata menjadi penyebab utama menurunnya populasi serangga di Inggris. Cahaya buatan dari lampu itu mengganggu perilaku alami dari ngengat, menyebabkan populasi ulat turun 50%.

Dilansir detikTravel dari 9News Australia, Sabtu (28/8/2021), para peneliti percaya, cahaya lampu jalanan bisa mencegah ngengat untuk bertelur. Serangga-serangga itu mengira hari masih terang, sehingga mereka tidak mau bertelur.

Cahaya lampu jalanan yang terang juga meningkatkan resiko serangga terlihat dengan mudah, sehingga predator seperti kelelawar bisa dengan mudah memangsa mereka.

Lampu LED yang selama ini disebut-sebut sebagai ramah lingkungan ternyata jadi salah satu tersangka utama yang mengusir serangga-serangga di Inggris.

Penelitian itu juga menemukan populasi ulat yang berada di bawah cahaya lampu LED mendapat dampak negatif lebih banyak bisa dibandingkan dengan lampu jalanan biasa yang berwarna kuning.

Lampu LED yang berwarna putih, yang disebut-sebut lebih efisien, ternyata juga memproduksi cahaya biru yang ternyata lebih dominan dilihat oleh serangga.

Para peneliti menyebut penggantian lampu jalanan dari yang biasa ke LED berwarna putih bisa berdampak buruk bagi populasi serangga dan ekosistem secara keseluruhan.

Namun para peneliti punya beberapa solusi yang tidak mengurangi keselamatan publik, antara lain sedikit meredupkan lampu jalanan, memasang sensor gerakan atau menggunakan filter yang memangkas beberapa panjang gelombang yang berbahaya bagi serangga.



Simak Video "Vaksin Sinovac Terbukti 87,5% Cegah Kasus COVID-19 Rawat Inap"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA