Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Agu 2021 06:05 WIB

TRAVEL NEWS

Pertama di Dunia, Kapal Otonom Tanpa Emisi Berlayar di Norwegia

Kapal listrik otonom Yara Birkeland
Kapal listrik otonom Yara Birkeland (Foto: CNN)
Oslo -

Sebuah perusahaan asal Norwegia telah menciptakan kapal kargo tanpa emisi pertama di dunia. Yang lebih mencengangkan adalah armada ini sudah otonom atau tanpa awak.

Jika semua berjalan sesuai rencana, kapal ini akan melakukan pelayaran pertamanya antara dua kota Norwegia sebelum akhir tahun ini. Gerakannya akan dipantau dari tiga pusat kontrol data darat.

Ini bukan kapal otonom pertama karena telah ada kapal feri otonom yang diluncurkan di Finlandia pada tahun 2018. Namun, ini adalah kapal kontainer yang sepenuhnya bertenaga listrik pertama.

Dikembangkan oleh perusahaan kimia YARA International, kapal listrik otonom Yara Birkeland dirancang untuk mengurangi emisi nitrogen oksida yakni polutan beracun, gas rumah kaca, dan karbon dioksida, serta memindahkan barang dari jalan ke laut.

Industri pengiriman saat ini menyumbang antara 2,5% dan 3% dari emisi gas rumah kaca global, menurut organisasi maritim internasional.

Hampir semua listrik di Norwegia dihasilkan oleh daya hidroelektrik, yang umumnya dianggap memiliki emisi karbon yang jauh lebih rendah daripada membakar bahan bakar fosil. Namun dalam proses ini masih menghasilkan gas rumah kaca.

Kapal listrik otonom Yara BirkelandKapal listrik otonom Yara Birkeland (Foto: CNN)

Baca selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA