Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Agu 2021 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Intip 3 Destinasi Pantai di Bantul untuk Kamu yang Rindu Liburan

Pantai-pantai di Bantul
Foto: Pemkab Bantul- Pantai Baru
Jakarta -

Kabupaten Bantul terkenal akan keindahan pantainya. Selain menawarkan pemandangan alam, pantai-pantai di Bantul juga menghadirkan suasana nan sejuk plus hidangan kuliner yang memanjakan lidah.

Untuk kamu yang sudah mengidamkan wisata alam, sejumlah destinasi wisata pantai di Bantul dapat dikunjungi setelah PPKM dilonggarkan. Berikut daftarnya.

1. Pantai Baru

Pantai Baru menjadi surga bagi pecinta kuliner laut. Puluhan warung berjajar di antara pepohonan cemara udang nan sejuk di area pantai ini. Di tempat wisata yang berada di desa Poncosari Kapanewon Srandakan ini, wisatawan bisa menyantap beragam menu masakan laut dalam bentuk goreng, bakar dan sup.

Wisatawan bisa memesan langsung ke warung yang ada atau bisa juga membeli ikan segar dari nelayan dan membawanya ke warung untuk minta dimasakkan. Ikannya pun beragam dari bawal, kakap, cakalang, udang, kepiting hingga cumi.

Selain itu, wisatawan bisa menggelar tikar atau lesehan di bawah pepohonan cemara sambil menikmati kuliner yang disajikan. Rindang pepohonan cemara dan semilir hembusan angin membuat acara makan bersama keluarga akan lebih terasa nikmat.

Tapi tak semata kulinernya, panorama di Pantai Baru pun tak kalah elok. Deretan cemara udang yang tumbuh di kawasan ini akan membuat wisatawan betah berlama-lama. Suasana sejuk sangat terasa karena matahari hanya menembus celah-celah pepohonan.

Di bibir pantainya, tersaji pemandangan hamparan pantai nan luas dan landai. Tapi pengunjung tetap harus waspada jika bermain air di bibir pantainya. Ombak besar khas pantai selatan tetap mesti diwaspadai karena bisa datang tiba-tiba. Di tempat ini, pengunjung juga bisa mengendarai ATV di sela-sela pepohonan nan rindang.

2. Pantai Cangkring

Pantai-pantai di BantulPantai Cangkring Foto: Pemkab Bantul

Pantai Cangkring adalah tempat yang pas bagi wisatawan yang tidak terlalu suka dengan keramaian.

Tidak seperti pantai di Bantul lainnya, Pantai Cangkring belum terlalu dipadati wisatawan, bahkan masih tergolong sepi.

Meski begitu, nuansa alam dan keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan lainnya. Dipenuhi pohon-pohon cemara udang nan rindang, kawasan ini terasa sejuk dan asri. Pengunjung bisa menjelajahi setiap sudut pantai atau sekadar bersantai di kursi-kursi kayu yang tersedia.

Jika ingin menikmati suasana di bibir pantai, Pantai Cangkring juga memiliki hamparan pasir yang bersih. Namun, wisatawan sebaiknya menghindari bermain di deburan ombaknya. Selain ombak besarnya yang berbahaya, suasana yang sepi tanpa dukungan tim sar membuat risiko lebih tinggi.

3. Pantai Kuwaru

Pantai-pantai di BantulPantai Kuwaru Foto: Pemkab Bantul

Deretan pantai di sisi barat pesisir Bantul memiliki keistimewaan dengan adanya hutan cemara udang. Seperti juga Pantai Kuwaru di Kapanewon Srandakan, rerimbunan pohon cemara menjadikan pantai ini rindang dan nyaman untuk menikmati suasana bersama keluarga. Semilir angin yang menerpa dedaunan terasa menyejukkan.

Dikenal sebagai pantai yang ramah anak, Pantai Kuwaru didesain dengan wahana yang cocok untuk anak-anak. Pengelola menyediakan wahana kolam renang untuk memuaskan minat berenang pengunjung. Kolam renang yang dilengkapi dengan papan seluncur kecil juga ban serta pelampung tentu sangat cocok untuk bermain anak-anak.

Keseruan lain yang bisa dinikmati di Pantai Kuwaru, yakni susur pantai menggunakan kendaraan ATV dan motor trail. Tapi tentu saja harus berhati-hati. Keberadaan pengunjung lain yang lalu lalang di kawasan pantai, mengharuskan pengendara ATV atau trail berjalan perlahan sekaligus menikmati suasana alam dan kesejukan Pantai Kuwaru.

Nah, bagi penggemar kuliner, di Pantai Kuwaru juga terdapat deretan warung yang menawarkan aneka menu olahan laut. Ikan yang tersedia pun dijamin kesegarannya karena bersumber dari hasil tangkapan nelayan setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo menyatakan destinasi wisata bakal dibuka ketika level PPKM di DIY menurun. Keputusan itu sesuai instruksi pemerintah pusat dan Pemda DIY agar ekonomi kembali bergeliat.

"Harapannya minggu depan ini level PPKM DIY sudah turun sehingga bisa segera kita tindaklanjuti. Tapi protokol kesehatan dengan penerapan 5M tetap harus benar-benar dilaksanakan. Dan pemerintah kan juga meminta adanya penerapan aplikasi PeduliLindungi," terang Heru.

Heru menyampaikan Dinas Pariwisata Bantul tengah menyiapkan upaya sosialisasi aplikasi PeduliLindungi kepada pelaku wisata Bantul. Sosialisasi tersebut akan dilakukan melalui media massa, Pokdarwis juga lewat PHRI.

Guna mempermudah eksplorasi objek wisata di Bantul, pihak Dinas Pariwisata Bantul menyarankan wisatawan mengunduh aplikasi JELAJAH BANTUL. Sementara itu, untuk reservasi bisa dilakukan melalui aplikasi Visitingjogja.

"Kalau vaksinasi menjadi syarat kunjungan wisata, kami berharap ke Pemerintah Provinsi DIY, kalau bisa nantinya PeduliLindungi itu bisa terintegrasi dengan Visitingjogja biar mempermudah pemantauan," ucap Kwintarto.

Guna meminimalisir kontak pada proses pembayaran saat berkunjung ke objek wisata, Dinas Pariwisata Bantul menyarankan transaksi non tunai dengan menggunakan aplikasi QUAT.



Simak Video "Wisatawan Pantai Parangtritis-Depok Disuruh Putar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(adv/adv)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA