Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Agu 2021 11:46 WIB

TRAVEL NEWS

Puncak Macet Parah, Serbuan Turis Balas Dendam?

Tim detikcom
detikTravel
Puncak arah Jakarta macet (Dok narsum atas nama Lukman Nul Hakim)
Foto: Puncak arah Jakarta macet (Dok narsum atas nama Lukman Nul Hakim)
Jakarta -

Kawasan Puncak dipadati kendaraan pada Minggu (29/8/2021). Kondisi ini sudah diwanti-wanti mengingat banyak orang yang balas dendam ingin liburan.

Volume kendaraan di kawasan Puncak ramai pada akhir pekan lalu. Dari video yang beredar, kemacetan terjadi pada sore hari di jalur menuju Jakarta. Kepadatan itu didominasi kendaraan roda dua.

Kapolres Bogor AKBP Harun akan mengevaluasi dan memunculkan opsi penerapan sistem nomor ganjil genap kendaraan di Jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kalau memang masih tinggi, kita evaluasi besok. Kita tambahkan dengan ganjil genap atau mungkin kebijakan lain yang bisa mengurangi kemacetan," kata Harun, seperti dikutip Antara, Minggu (29/8/2021).

Dia tak menampik adanya peningkatan volume kendaraan di wilayah selatan Kabupaten Bogor setelah penurunan status PPKM Kabupaten Bogor dari level 4 ke level 3.

Puncak arah Jakarta macet (Dok narsum atas nama Lukman Nul Hakim)Puncak arah Jakarta macet (Dok narsum atas nama Lukman Nul Hakim) Foto: Puncak arah Jakarta macet (Dok narsum atas nama Lukman Nul Hakim)

Harun memperkirakan peningkatan volume kendaraan pada akhir pekan ini mencapai 30-40 persen jika dibandingkan dengan situasi lalu lintas penerapan PPKM level 4.

"Ini kita sudah antisipasi dengan adanya penurunan level, pasti akan memantik animo masyarakat untuk melepas penat," terang Harun.

Namun, dia menegaskan bahwa sektor pariwisata belum dibolehkan beroperasi meski Kabupaten Bogor kini berstatus level 3 PPKM 24-30 Agustus 2021.

Ada pun Taman Safari Indonesia (TSI) yang berlokasi di Cisarua dibolehkan buka oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor, itu pun hanya Wahana Safari Journey yang mewajibkan pengunjung tetap di mobilnya masing-masing.

Puncak arah Jakarta macet (Dok narsum atas nama Lukman Nul Hakim)Puncak arah Jakarta macet (Dok narsum atas nama Lukman Nul Hakim) Foto: Puncak arah Jakarta macet (Dok narsum atas nama Lukman Nul Hakim)

Harun mengatakan Taman Safari dibolehkan beroperasi karena merupakan lembaga konservasi satwa yang membutuhkan biaya belanja pakan satwa dari hasil dari penjualan tiket.

Menurutnya, Polres Bogor bersama Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor melakukan langkah antisipasi di Jalur Puncak berupa penyekatan yang mewajibkan para pengendara sudah divaksin dengan menunjukkan sertifikat vaksin.

"Kemudian untuk waktunya, kami melakukan lebih awal lagi pelaksanaan penyekatan, yakni sejak pukul 08.00 WIB pagi hingga malam tanpa jeda. Untuk hari Jumat, siang hari sudah kita lakukan pemeriksaan," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sudah mewanti-wanti agar masyarakat menghindari revenge tourism atau wisata balas dendam setelah pelonggaran PPKM. Sandiaga mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kita harus berhati-hati, jangan sampai peningkatan dari aktivitas mobilitas ini memicu (penyebaran COVID-19), kuncinya protokol kesehatan dan ditambah aplikasi PeduliLindungi, kita harus mewaspadai ledakan wisata saat PPKM dilonggarkan, ini justru akan meningkatkan jumlah penularan COVID-19 oleh karena itu kita harus adaptasi dan kolaborasi (dalam penanganan COVID-19," ujarnya pada Senin (23/8/2021).



Simak Video "Penampakan Kemacetan di Jalur Puncak Bogor saat Weekend"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA