Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Sep 2021 11:16 WIB

TRAVEL NEWS

Panama Legalkan Ganja untuk Pengobatan

Femi Diah
detikTravel
Marijuana plant and cannabis oil bottles isolated
Ilustrasi ganja (ilustrasi/thinkstock)
Panama -

Negara yang menyetujui penggunaan ganja untuk medis bertambah lagi. Kongres di Panama dengan suara bulat mengesahkan rancangan undang-undang yang mengatur penggunaan ganja bagi kepentingan medis. Kongres itu dilaksanakan pada Senin (30/8/2021) lalu.

Panama menjadi negara pertama di kawasan Amerika Tengah yang melegalkan penggunaan ganja untuk kesehatan. Pengesahan RUU disetujui oleh 44 anggota parlemen dan tidak ada satu pun anggota yang memberikan suara menentang.

Melalui RUU itu, sebuah daftar akan dibuat untuk memasukkan nama-nama pasien yang mendapat izin menggunakan ganja. Izin juga akan diberikan pada penelitian lebih jauh soal pengobatan dengan ganja.

Ketua Kongres Panama Crispiano Adames memuji RUU tersebut sebagai langkah inovatif. Ia menyebutkan bahwa banyak penyakit bisa ditangani dengan ganja begitu RUU tersebut sah menjadi undang-undang.

RUU itu kini menunggu tanda tangan Presiden Laurentino Cortizo untuk dijadikan UU.

Butuh waktu lima tahun RUU itu akhirnya disahkan. Di tengah pengajuan ganja legal untuk medis itu sempat muncul kekhawatiran adanya penyalahgunaan RUU untuk menutupi penggunaan psikotropika.

Dr Sandra Carrillo, profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Panama, yang bertanggung jawab atas program ilmiah ganja obat, menyebut RUU itu dikonsultasikan oleh subkomite, tim teknis, badan pemerintah, dan entitas negara lainnya.

Sejumlah pengobatan yang menggunakan ganja di antaranya epilepsi, kejang, dan kanker. Selama ini, sejumlah pasien mengakui telah menggunakan ganja untuk kesembuhan mereka tetapi dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Dan, karena illegal, mereka mendapatkannya dengan harga yang luar biasa tinggi.



Simak Video "Diplomat Panama di Kolombia Tewas Disapu Banjir Saat Kendarai Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA