Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Sep 2021 09:06 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Gunungkidul Tutup Sampai 6 September, Jangan Coba-coba Datang!

Ribuan Wisatawan ke Gunungkidul
Foto: Ilustrasi (dok. SAR Satlinmas Wilayah I Kabupaten Gunungkidul)
Bantul -

Perpanjangan PPKM membuat semua wisata di Gunungkidul tutup sementara hingga 6 September. Ini juga untuk mengantisipasi kedatangan wisatawan dari Jateng.

"Kalau di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) kan masih level 4, jadi ya masih tutup sementara sampai tanggal 6 (September)," kata Sekretaris Dispar Kabupaten Gunungkidul Hary Sukmono saat dihubungi wartawan.

Keputusan itu, kata Hary, merujuk Instruksi Mendagri nomor 38 tahun 2021 tentang PPKM level 4 DIY diperpanjang hingga tanggal 6 September. Terlebih, Kabupaten Gunungkidul masuk dalam PPKM level 4.

Terlepas dari hal tersebut, Hary mengaku tengah memperketat penjagaan di tempat pemungutan retribusi (TPR). Pasalnya di Jateng sudah PPKM level 3, dan objek wisata telah dibuka sehingga wisatawan bisa saja nekat datang ke DIY.

"Sebagian Jateng (Jawa Tengah) levelnya sudah turun, ini peringatan bagi kita untuk mengantisipasi kedatangan wisatawan). Seperti Sabtu dan Minggu kita minta tambahan petugas dari teman-teman Dishub, Kepolisian hingga tim SAR," katanya.

Harry menambahkan pihaknya saat ini meningkatkan koordinasi dengan TNI-Polri, Satpol PP hingga SAR Satlinmas. Semua itu untuk menghalau wisatawan yang nekat datang.

"Yang jelas kami mohon sabar dulu, jangan berwisata ke Gunungkidul karena kondisi di sini masih level 4," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menyebut selama PPKM level 4 masih banyak wisatawan yang nekat datang ke objek wisata (obwis) pantai. Bahkan, selama sepekan tercatat ribuan wisatawan diputarbalikkan.

Pantauan detikcom, beberapa kendaraan bermotor khususnya mobil pelat luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diputarbalikkan di tempat pemungutan retribusi (TPR) Baron. Tak hanya itu, beberapa mobil juga tampak diputarbalikkan di TPR jalur jalan lintas selatan (JJLS).

Selanjutnya --->> Banyak Kendaraan Wisatawan Diminta Balik Kanan

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA