Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Sep 2021 13:12 WIB

TRAVEL NEWS

Tahu Enggak? Ada Tombol Rahasia di Balik Papan Metal Toilet di Pesawat

Femi Diah
detikTravel
A sign in the toilet of an airplane, meaning that the toilet is equipped for disabled people. And it has a changing table.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Kateryna Kukota
Jakarta -

Rupanya, ada tombol rahasia tersimpan di balik papan metal di toilet pesawat. Apakah selama ini traveler menyadarinya?

Dikutip dari news.co.au, Sabtu (4/9/2021), seorang pramugari menunjukkan sebuah kotak metal yang menempel di pintu toilet pesawat. Kotak kecil itu bertuliskan lavatory.

Rupanya, kotak metal itu bukan hanya sebagai penanda kalau itu adalah toilet. Pramugari dan traveler yang doyan jalan-jalan mengungkapkan kalau di balik papan metal itu ada sebuah kait dan fungsinya.

Pengait itu bisa diputar. Fungsinya, untuk memutar kunci toilet. Artinya, sejatinya pintu toilet bisa dibuka dari luar.

Namun, tentu saja penumpang yang sedang tidak menggunakan toilet dilarang usil untuk membuka papan metal di pintu toilet itu. Apalagi, memutar pengait dan membuka kunci toilet pesawat.

Bahkan, awak kabin baru dapat masuk ke dalam toilet jika penggunanya berada dalam masalah kesehatan. Atau, jika seorang anak terkunci secara tidak sengaja.

"Bukan berarti mereka bisa memutar-mutar pengait itu saat tidak diperlukan. Jangan khawatir," ujar salah satu traveler.

"Fitur ini ada hanya digunakan dalam tindakan pencegahan keselamatan penerbangan," ujar yang lain.

Seorang pramugari menambahkan bahwa mereka hanya akan membuka pintu lewat pengait itu jika ada penumpang mengurung diri di sana padahal pesawat sudah mendarat.

"Ketika saya masih menjadi pramugari, kami tidak akan membuka pintu toilet tanpa mengetuk pintu dan menanyakan apakah Anda baik-baik saja," kata pramugari itu.

"Kalau tidak dalam kondisi seperti itu, kami cuma melakukannya agar tidak ada penumpang yang buang-buang waktu saat seharusnya sudah turun dari pesawat," dia menambahkan.

Ada pula yang berpendapat pengait itu bisa digunakan oleh kru kabin untuk mengunci toilet ketika pesawat take off dan landing.



Simak Video "Sopir Hotel Ngaku Anggota Polisi, Tipu Pengusaha Rental Mobil Rp 108 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA