Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Sep 2021 20:38 WIB

TRAVEL NEWS

Bali Bakal Buka Tempat Wisata Jika PPKM Turun ke Level 3

Sui Suadnyana
detikTravel
Bali Mulai Buka Tempat Wisata Jika PPKM Turun ke Level 3
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) (Sui Suadnyana/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali bakal mulai membuka destinasi wisata jika pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dapat diturunkan ke level 3. Hingga saat ini, Bali masih menerapkan PPKM level 4.

"Sebagian (tempat wisata) bisa (dibuka) di daerah-daerah dengan batas-batas tertentu (jika PPKM di Bali turun ke level 3). Itu harapan kita," kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (4/9/2021).

Cok Ace mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya menekan angka positif COVID-19. Ia menyebut kasus COVID-19 sudah semakin melandai jika melihat perkembangan beberapa hari terakhir.

"Angka kesembuhannya kelihatannya semakin bagus dan angka kematiannya semakin rendah. Ini menunjukkan bahwa kita semua dan masyarakat kesadaran akan prokes dan penanganan pemerintah sudah semakin baik," terangnya.

Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur atau bad occupancy ratio (BOR) untuk pasien COVID-19 juga semakin bagus mencapai 26 persen. Sebelumnya, kata Cok Ace, BOR di rumah sakit untuk pasien COVID-19 sempat mencapai 65 persen.

"Saya tidak berandai-andai tapi kalau dilihat dari usaha dan data-data dan angka yang masuk seharusnya bisa tercapai. Mudah-mudahan sekarang hari Sabtu dan besok Minggu (bisa turun lagi). Saya optimis (PPKM bisa turun ke level 3) karena memang angka sudah menunjukkan yang bagus," kata Cok Ace.

Di sisi lain, Cok Ace menyebut bahwa penurunan harga real time-polimerase chain reaction (RT-PCR) maksimal Rp 495 ribu dan rapid test diagnostic antigen (RDT-Ag) Rp 99 ribu juga mulai menggairahkan kedatangan pelaku perjalanan ke Bali. Hanya saja peningkatan tersebut belum maksimal.

"(Kedatangan pelaku perjalanan) meningkat, cuman tidak signifikan. Kemarin angkanya sudah berada di angka 2.800 dan 2.900 hari kemarin, jadi sudah bagus. Yang sebelumnya masih di bawah 1.000 sekarang sudah di atas 2.000," paparnya.

Ia berharap, pada Senin (6/9) mendatang, penerapan PPKM di Bali bisa turun ke level 3. Jika terjadi penurunan level, maka akan diikuti dengan pembukaan berbagai mal, objek wisata sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik.

"Karena ini saling kait-mengkait. Dan kita berharap dalam minggu depan ini ada pengumuman yang lebih bagus supaya bisa mal dibuka. Saya yakin kunjungan wisatawan domestik akan meningkat lagi," terangnya.



Simak Video "Pintu Masuk dari LN Dibatasi Hanya di Soetta dan Sam Ratulangi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA