Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Sep 2021 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Bahaya! Ekosistem di Hutan Rawa Benin Terancam Punah

Femi Diah
detikTravel
hutan mangrove Benin
Ekosistem di hutan mangrove Benin terancam punah (Getty Images/iStockphoto/peeterv)
Benin -

Ekosistem di hutan rawa Benin di Afrika Barat spesial sebagai rumah beragam satwa dan flora. Hutan rawa itu diprediksi segera punah.

Hutan rawa Benin berada di daerah Hlanzoun. Lokasinya sulit dijangkau, cuma bisa didatangi dengan kano.

Di lahan seluas 3 ribu hektare itu terdapat 241 tumbuhan dan 160 spesies hewan, termasuk monyet perut merah yang langka, luwak rawa, dan sitatunga (sejenis antelop yang hidup di rawa Afrika).

Hutan rawa Benin juga menjadi rumah bagi burung enggang, yakni burung berukuran besar yang terkenal dengan paruhnya yang panjang, melengkung ke bawah, dan berwarna-warni, mirip dengan burung toucan. Burung unik itu biasa bertengger di puncak pohon-pohon besar.

"Burung enggang memakan serangga dan buah-buahan. Mereka sering mengikuti monyet karena gerakan monyet membuat serangga keluar dari sarangnya, sehingga memudahkan burung enggang untuk menangkapnya," kata ahli burung dan fotografer Prancis, Vincent Romera, mengutip dari AFP.

Tapi, belakangan jumlah burung enggang terjun bebas. Romera menduga itu terjadi karena kehadiran pemburu liar.

Pemandu wisata lokal Roger Hounkanrin juga memiliki pendapat serupa. Dia berpendapat penurunan jumlah satwa di hutan tersebut akibat perburuan satwa liar oleh warga lokal.

"Mereka membutuhkan uang. Jadi, mereka yang bisa menembak masuk hutan dan memburu satwa-satwa di asna," kata Hounkanrin.

Deretan satwa yang diburu untuk diperjualbelikan diantaranya kadal, buaya, hingga ular.

Selain satwa, koleksi flora di hutan rawa Benin juga terancam punah. Itu disebabkan oleh penebangan hutan secara besar-besaran.

Warga menebang pohon untuk dijadikan kayu bakar dan mengambil getah pohon palem untuk difermentasi sebagai bahan pembuatan alkohol lokal, sodabi.

Halaman berikutnya >>> Laju Deforestasi Meningkat

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pelaku Diduga Aniaya Satwa Langka Simpai di Sumbar Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA