Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Sep 2021 13:28 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Monyet Sangeh yang Galau dan Kelaparan usai Ditinggal Turis

Putu Intan
detikTravel
Family of wild long-tailed macaques in the Sangeh monkey forest, Ubud on Bali in Indonesia.
Monyet di Hutan Monyet Sangeh. Foto: iStock
Jakarta -

Monyet-monyet di Hutan Monyet Sangeh menyerbu permukiman warga lantaran tak ada turis yang memberikan mereka makanan. Monyet ini dikenal sudah bergantung pada turis sejak lama.

Pandemi COVID-19 tak hanya berimbas pada manusia tetapi juga pada kehidupan monyet-monyet Sangeh. Sejak tempat wisata ditutup, monyet-monyet ini menjadi kehilangan salah satu sumber makanannya yang berasal dari wisatawan.

Hal ini lantas menimbulkan masalah baru yakni turunnya monyet ke permukiman warga. Mereka bukan hanya mencari makanan, beberapa bahkan sampai mencabut genteng rumah warga.

Kondisi ini membuat warga tak punya pilihan lain dengan memberikan makanan untuk monyet-monyet kelaparan tersebut. Akan tetapi, warga juga tak kuasa kalau harus memasok pakan sendiri. Pasalnya, ada sekitar 600 ekor monyet yang tinggal di sana.

Karakter monyet sangeh sebagai monyet ekor panjang

Monyet-monyet di Sangeh tergolong sebagai monyet ekor panjang (MEP). Satwa ini termasuk salah satu jenis primata yang paling mudah ditemukan di Indonesia.

MEP mudah dikenali dengan ciri warna rambutnya abu-abu dan tentunya berekor panjang. Bila traveler ingat, dahulu di ibu kota sering dijumpai aksi topeng monyet. Nah, biasanya MEP inilah yang melakoni aksi tersebut.

Status MEP sendiri bukanlah satwa langka. Menurut Daftar Merah dari Lembaga Konservasi Alam Internasional (IUCN), MEP berstatus risiko rendah (least concern). Ini karena distribusinya yang luas dan populasinya yang tidak menurun.

Halaman berikutnya >>> Monyet Oportunis

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Turis Bali Hilang Bikin Kawanan Monyet Kelaparan-Serbu Rumah Warga"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA