Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Sep 2021 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Soal Aturan Ganjil Genap Masuk Ancol, Masih Ada Wisatawan yang Tak Tahu

Tim detikcom
detikTravel
Suasana ganjil genap di kawasan Ancol Sabtu (18/9)
Suasana ganjil genap di kawasan Ancol Sabtu (18/9) (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu dari 20 wisata yang dibuka kembali dalam uji coba. Ada pemberlakuan ganjil genap yang diterapkan di akhir pekan.

Namun, masih ada wisatawan yang tak mengetahui aturan ini, sejumlah kendaraan roda empat di Kawasan Ancol pada Sabtu (18/9) diputar balik. Salah satunya, pengendara bernama Gustaf asal Depok yang mengaku belum tahu ada gage di Ancol. Akhirnya Gustaf diputar balik oleh petugas.

"Belum tahu (ada gage). Dari Depok," kata Gustaf, di titik gage Pintu Timur Barat Taman Impian Jaya Ancol.

Gustaf yang membawa keluarganya berniat ingin berwisata ke Ancol. Namun, tidak diperbolehkan karena dia membawa anak kecil.

Berdasarkan aturan yang ada, anak berusia di bawah umur 12 tahun belum diizinkan masuk ke tempat wisata.

"Iya ini, soalnya saya juga bawa anak," katanya.

Selain Gustaf, ada juga pengendara lain yang belum mengetahui kebijakan ganjil genap, yakni Desita. Warga asal Kemayoran itu tak tahu karena sudah lama tidak ke Ancol.

"Belum tahu (ada gage), soalnya kemarin Ancol udah tutup lama, baru buka lagi. Ini mau ke dalam Ancolnya gitu," ujar Desita.

Ganjil genap di lokasi wisata ini berpedoman pada Instruksi Mendagri Nomor 42 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4, level 3, dan level 2 corona virus desease 2019 di wilayah jawa bali.Senada dengan yang lain, pria yang tak mau disebutkan namanya itu juga mengaku belum tahu ada gage di Ancol. Dia mengaku mau menjemput seseorang.
"Belum, belum (tahu), ini saya mau jemput, biasa," ujarnya.

Selain itu juga berdasarkan Kepgub Provinsi DKI Jakarta Nomor 1096 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 corona virus desease 2019.

"Penerapan ganjil genap di tempat wisata mulai Jumat - Minggu tujuannya mengurangi kendaraan ke sana. Supaya jangan sampai kayak Pangandaran minggu lalu pengunjung banyak," kata kata Menko Luhut Binsar Pandjaitan pada awal pekan ini.

Lokasi wisata yang kena ganjil genap yakni pintu I Taman Mini Indonesia Indah kemudian gerbang barat dan timur Taman Impian Jaya Ancol. Ganjil genap ini berlaku setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu dimulai pukul 12.00 sampai 18.00 WIB.

(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA