Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Sep 2021 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Syarat Terbaru Penerbangan Domestik di Masa PPKM, Cek di Sini

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi wanita di bandara
Ilustrasi traveling (Getty Images/izusek)
Jakarta -

PPKM kembali diperpanjang. Buat kamu yang mau melakukan perjalanan domestik di masa PPKM, ini aturan terbarunya.

Pemerintah kembali memperpanjang aturan PPKM di Jawa Bali dan luar Jawa Bali. Keduanya akan diperpanjang selama dua minggu, yakni mulai 21 September sampai 4 Oktober 2021.

Melalui Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah kembali merevisi syarat naik pesawat untuk penerbangan domestik sebagai upaya mengendalikan pandemi Covid-19.

Aturan penerbangan domestik terbaru masih merujuk pada Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 18 Tahun 2021 beserta adendumnya tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi COVID-19. Aturan ini juga merujuk pada 2 Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yakni Inmendagri No 43 (Jawa dan Bali) dan 44 (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua) Tahun 2021.

Sementara itu, aturan penerbangan domestik dari Kemenhub di masa PPKM hingga 4 Oktober 2021 juga mengacu pada SE Kemenhub No. 62 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah syarat terbaru penerbangan domestik.

Aturan Penerbangan Domestik Terbaru: Wajib Sertakan Bukti Vaksin

Sertifikat vaksin COVID-19 menjadi syarat wajib untuk melakukan penerbangan domestik di masa PPKM. Untuk kedatangan dari Luar Jawa Bali/ Keberangkatan dari Jawa Bali ke Luar Jawa Bali diwajibkan melampirkan kartu atau sertifikat vaksin dengan minimal dosis pertama.

Di lokasi check-in bandara, penumpang dapat melakukan scan QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi. Jika muncul kategori hijau atau kuning/oranye, penumpang diperbolehkan melanjutkan proses check in.

Proses ini tak hanya mensyaratkan sertifikat vaksin COVID-19, ada pula bukti hasil tes COVID-19 yang perlu diperhatikan. Secara otomatis keduanya akan terunggah di aplikasi, hal ini sesuai dengan aturan SE Menkes Nomor 847/2021 yang menyatakan bahwa laboratorium dan fasilitas kesehatan yang melakukan RDT antigen dan PCR wajib melakukan entry data hasil tes ke dalam aplikasi allrecord-tc-19 (New-all Record/NAR). Hasil tes tersebut kemudian akan muncul di akun PeduliLindungi masing-masing calon penumpang pesawat.

Calon penumpang pesawat juga bisa mengecek secara mandiri melalui situs https://cekmandiri.pedulindungi.id untuk melihat status atau kelengkapan dokumen kesehatan digital miliknya sebelum keberangkatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA