Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Sep 2021 11:45 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Ada Pengunjung, Satwa di TMII Beranak Pinak

Tiara Rosana
detikTravel
TMII
TMII (Foto: Tiara Rosana/detikcom)
Jakarta -

Pandemi memaksa taman rekreasi menutup diri dari pengunjung, tak terkecuali TMII. Efek baiknya adalah satwa jadi bertambah banyak, beranak pinak, karena minim gangguan.

Pengelola mengungkapkan angka pengembangbiakkan hewan naik pesat saat TMII harus tutup selama 3 bulan pada masa pemberlakuan PSBB di tahun lalu. Hasil dari perkawinan tersebut juga sudah lahir dalam beberapa bulan terakhir.

Tidak hanya pada staff, para pengunjung juga merasakan perubahan yang terjadi pada Taman Satwa TMII. Perubahan itu terjadi pada jumlah koleksi satwa dan juga suasana di dalam taman.

"Sekarang karena lebih sepi jadi lebih rapi ya, lebih bersih di dalam tuh. Koleksi burungnya juga makin banyak," ucap Dyeni, pengunjung Taman Burung, yang merupakan pengunjung setia taman tersebut, beberapa waktu lalu.

Dyeni mengungkapkan ia dan keluarga selalu mampir ke Taman Burung setiap kali plesiran ke TMII. Kali ini ia kembali setelah 2 tahun dan melihat perbedaan yang terjadi pada masa sebelum dan sesudah pandemi.

Sama halnya dengan Drajat, pengunjung lain yang datang bersama anak serta cucunya. Kunjungan pertama ia ke Taman Burung memberikan kesan tersendiri. Menurutnya koleksi burung di taman ini sudah sangat lengkap dan burung disana semua cantik.

"Koleksi burungnya bagus, kita jadi pengalaman lihat burung. Cakep-cakep lah, karena lihat burung berarti lihat kekuasaan Tuhan. Tapi di maintenance perlu diperhatikan lagi, kasian burungnya aja, ngeliat kolamnya gitu ya, keliatannya jarang dikuras gitu sih," jelas dia.

TMIITMII (Foto: Tiara Rosana/detikcom)

Para pengunjung Museum Komodo Taman Reptil TMII yang kami temui merasa sangat puas. Salah satunya Aan yang akhirnya kembali lagi ke Taman Reptil setelah 10 tahun.

"Kalau yang saya lihat, dari 2011 sampai tahun 2021 ini mungkin banyak penambahan, baik itu dari kapasitas ataupun tempat-tempat yang awalnya belum ada jadi ada. Jadi ada penambahan tempat selain binatangnya," terangnya.

Aan juga mengungkapkan suasana di dalam museum cenderung sepi karena ini masih dalam situasi pandemi, namun hal itu malah meningkatkan kenyamanan pengunjung. Menurutnya yang menjadi juara dalam museum tersebut adalah kebersihannya.

Pengunjung lain mengaku sangat excited dengan kunjungan pertamanya ke Taman Reptil, bahkan ia berniat untuk kembali lagi plesiran ke sana.

"Kesannya sih jadi banyak ilmu yang saya dapat ya, kayak tadi saya bisa tahu cara berkembang biaknya reptil, cara pengawetan reptil itu gimana, di sini dulu ada komodo besar lalu mati," ucapnya.

Para pengunjung Taman Satwa di TMII ini mengaku terhibur dengan bertemu satwa-satwa setelah sekian lama tidak berpergian ke luar rumah. Mereka juga berpesan untuk selalu menjaga kebersihan serta menjaga dan melindungi kelestarian satwa yang kita punya.



Simak Video "Buka untuk Aktivitas Olahraga, Pengunjung TMII Jauh di Bawah Kapasitas"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA