Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Sep 2021 19:17 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai yang Layani Anak-anak Terbang Tanpa Pendamping, Syaratnya Apa Saja?

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi anak buka pintu darurat pesawat Citilink
Foto: Getty Images/ArtMarie

5. Emirates

Emirates juga mempunyai layanan untuk anak-anak tanpa pendamping untuk anak‑anak berusia antara 5 dan 11 tahun yang terbang sendirian. Layanan Emirates juga berlaku untuk anak‑anak berusia di bawah 8 tahun yang terbang di kelas kabin yang berbeda dengan orang tua atau wali mereka.

Traveler juga dapat membuat permintaan khusus untuk layanan Penumpang di Bawah Umur Tanpa Pendamping bagi penumpang yang bepergian sendirian yang berusia antara 12 dan 15 tahun jika ingin Emirates mendampingi dalam perjalanan mereka.

Emirates akan membantu anak traveler menikmati perjalanan yang menyenangkan dan berkesan dari check‑in hingga bertemu orang tua atau wali mereka di tujuan.

6. AirAsia

Dalam websitenya, AirAsia menegaskan anak-anak berumur di bawah 12 tahun dilarang bepergian sendiri kecuali jika mereka ditemani oleh seseorang yang pada hari keberangkatan berumur 18 tahun ke atas. Anak-anak harus di sebelah orang yang menemani mereka semasa berpergian.

Sedangkan anak-anak berumur diantara 12 hingga 16 tahun ke bawah pada hari keberangkatan akan dianggap sebagai Young Passengers Travelling Alone (YPTA). Dimana mereka tidak diperbolehkan duduk di barisan pintu darurat.

Juga anak-anak akan diterima dalam pengangkutan hanya setelah orangtua atau wali menandatangani Release and Indemnity Form for Acceptance of YPTA / Formulir Pelepasan Ganti Rugi untuk Penerimaan YPTA (tersedia di konter check-in). Orang tua atau wali harus tetap berada di bandara hingga penerbangan berangkat.

Ini untuk memastikan bahwa anak tersebut tidak ditinggalkan tanpa penjagaan jika terjadi keterlambatan atau pembatalan penerbangan. Serta pra-boarding atau layanan meet-and-assist akan disediakan.

7. China Airlines

China Airlines menyediakan layanan untuk anak-anak tanpa pendamping untuk penumpang anak-anak berusia 5 tahun sampai 12 tahun yang bepergian tanpa orang tua atau wali yang berusia setidaknya 18 tahun.

Untuk meminta layanan ini, orang tua atau wali yang sah harus menandatangani Izin & Pelepasan Tanggung Jawab untuk Pengangkutan Anak Tanpa Pendamping dan melampirkan salinan kartu identitas atau paspor dan dokumen yang dapat membuktikan hubungan mereka dengan anak tanpa pendamping tersebut (seperti Kartu Keluarga, atau salinannya).

Biaya layanan untuk anak-anak tanpa pendamping bervariasi menurut usia dan anak-anak tanpa pendamping akan selalu dikenai tarif dewasa. Pemesanan untuk anak-anak tanpa pendamping harus dilakukan setidaknya 72 jam sebelum keberangkatan.

Yang perlu dicatat adalah, anak-anak tanpa pendamping tidak dapat diterima untuk melakukan perjalanan menggunakan kelas bisnis. Hubungi kantor reservasi kami untuk informasi lebih lanjut tentang layanan anak-anak tanpa pendamping. Dan tiket anak-anak tanpa pendamping akan dikenakan tarif Adult FIT dengan kelas RBD W/U/Y. Perjalanan anak-anak tanpa pendamping tidak dapat didaftarkan dengan tiket AWARD TICKET/AD/ID.

8. Scoot

Maskapai Scoot tidak melayani penerbangan untuk anak-anak di bawah umur 12 tahun tanpa pendamping. Bagi mereka, penumpang di Bawah Umur Tanpa Pendamping adalah setiap penumpang yang berumur diantara 12 sampai dibawah 18 tahun dimana tidak bepergian dengan orang dewasa (18 tahun atau lebih tua) dalam penerbangan dan kelas perjalanan yang sama.

Penumpang 12 - di bawah 18 tahun bisa memesan tiket pesawat untuk anak secara online, 48 jam sebelum perjalanan anak Anda. Setelah memesan penerbangan anak Anda dengan kami, unduh dan lengkapi "FORMULIR PERMINTAAN LAYANAN ANAK ANAK TANPA PENDAMPING" atau "FORMULIR PENGECUALIAN LAYANAN ANAK ANAK TANPA PENDAMPING" (sesuai keadaannya) untuk setiap sektor perjalanan anak Anda, dan tunjukkan dokumen asli dari FORMULIR lengkap yang relevan kepada kami saat check-in.

Dokumentasi atau identifikasi dari orang tua atau wali yang sah dari anak dapat diminta pada saat check-in untuk memverifikasi detail yang direfleksikan di FORM yang relevan.

9. Jetstar

Sama seperti Scoot dan Airasia, Jetstar juga punya layanan penumpang belia usia 12-di bawah 18 tahun. Orang tua dan wli harus mengisi sejumlah dokumen dan diserahkan pada saat check in.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA