Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Sep 2021 21:22 WIB

TRAVEL NEWS

Siapa Sih yang Bisa Duduk di Dekat Pintu Darurat Pesawat?

Syanti Mustika
detikTravel
Pintu darurat pesawat
Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta -

Peristiwa penumpang anak-anak yang membuka cover tuas pintu darurat Citilink ramai dibahas. Tahukah kamu, tak sembarangan orang bisa duduk dekat pintu darurat.

Pintu darurat pesawat memang mempunyai ruang yang lebih lega dibanding dengan bangku-bangku lainnya. Namun tentu saja ada fungsi dan tujuannya kenapa jaraknya lega di dekat pintu darurat.

Serta tidak sembarangan juga membuka pintu darurat. Walau pintu darurat tidak bisa dibuka saat terbang, karena kondisi yang tidak memungkinkan juga serta telah dikunci juga oleh pilot, namun tetap tak boleh sembarang menyentuh tuasnya.

Adakah ketentuan penumpang yang bisa duduk di dekat pintu darurat? Pertanyaan ini dijawab dalam diskusi bersama Citilink dan Alvi Talk di live Instagram, Kamis (30/9/2021).

"Tentunya yang duduk di dekat Emergency Exit bukan anak-anak, penumpang disabilitas. Intinya orang-orang yang sehat, yang bisa membantu awak kabin nantinya untuk evakuasi jika ada kondisi darurat. Mereka nanti juga akan dibriefing dan diberikan arahan jika terjadi kondisi harus mengevakuasi penumpang," kata Captain Teguh Kristiono, Vice President Safety, Security & Quality Citilink Indonesia.

Sejalan dengan Teguh, Rebecca Dora Maros, mantan awak kabin senior juga menjelaskan kriteria penumpang yang bisa duduk di bangku yang dekat dengan pintu darurat.

"Persyaratan untuk duduk di emergency exit itu sangat banyak. Ada ketentuan umurnya yang harus dipenuhi, ya umur untuk umur 15 tahun ke bawah itu tidak bisa. Seperti yang dibilang tadi obesitas juga tidak bisa, elderly tidak bisa, suami istri dengan anak atau yang berangkat bertiga itu juga tidak bisa,"

"Kenapa yang suami istri dan anak tidak bisa duduk di bangku itu karena pemikirannya pada saat darurat, nanti begitu dia evakuasi dia akan pasti menyelamatkan keluarganya. Penumpang infant juga tidak bisa, penumpang disabel. Serta ada juga yang harus dibaca oleh orang-orang yang duduk di bangku darurat namanya Yellowcard. Ini adalah panduan jika nanti ada kondisi darurat yang memaksa evakuasi," jelas Dora.

Bagaimana, apakah traveler pernah duduk di dekat pintu darurat pesawat? Siap nggak membantu jika ada kondisi darurat kelak?



Simak Video "Pesawat Kecil Mendarat Darurat di Jalan Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA