Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Okt 2021 13:52 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Batik Nasional, 80% UMKM Sempat Berhenti Produksi Batik saat Pandemi

Putu Intan
detikTravel
Pandemi Corona berdampak ke segala sektor salah satunya ekonomi termasuk pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Foto: Mochamad Saifudin

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia Yanti Airlangga Hartarto, menyampaikan bahwa World Craft Council telah menetapkan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai World Batik City.

"Kita patut bersyukur untuk pengakuan dunia Internasional terhadap warisan budaya kita, karena itu kita harus dapat menjaganya dengan melestarikan dan mengembangkannya. Dengan pengembangan batik ini, baik pengembangan bahan baku, motif, fungsi, desain dan pewarnaan alam, diharapkan dapat memenuhi selera pasar, baik pasar domestik maupun internasional," ujar Yanti Airlangga.

Lebih lanjut , Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani berharap agar Mitra Seni Indonesia sebagai perkumpulan yang peduli kepada aktivitas seni dapat mewariskan kepada generasi milenial untuk mencintai batik dan mengenakan batik dalam berbagai aktivitas.

Ditegaskan Sari Ramdani dalam masa pandemi ini kita prihatin atas berkurangnya pendapatan para perajin batik karena sulitnya pemasaran, karena itu kita wajib peduli untuk membantu menggerakan perajin dengan membeli produk mereka.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Keseruan Pelajar di Majalengka Belajar Beragam Motif Batik"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA