Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Okt 2021 11:37 WIB

TRAVEL NEWS

Wisatawan Jatim Banyak yang Bandel di Tebing Breksi

Putu Intan
detikTravel
Tebing Breksi Yogyakarta
Tebing Breksi Yogyakarta saat malam hari (Foto: Putu Intan/detikcom)
Sleman -

Tebing Breksi termasuk salah satu tempat wisata yang diizinkan buka di masa PPKM. Protokol kesehatan ketat diterapkan tetapi wisatawan masih ada yang belum taat.

Dalam uji coba pembukaan ini, Tebing Breksi memberlakukan aturan mulai dari masuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi, memakai masker, menjaga jarak, hingga menyediakan sekitar 70 wastafel untuk cuci tangan.

Sayangnya dalam penerapan uji coba pembukaan ini, masih ada sejumlah catatan dari pengelola. Hal itu terutama tentang perilaku wisatawan yang belum taat protokol kesehatan.

Tim detikcom dalam Ekspedisi 3.000 Kilometer bersama Wuling melihat langsung kondisi Tebing Breksi pada Kamis (7/10/2021) malam. Tampak puluhan wisatawan menikmati suasana tebing kapur yang berhiaskan ukiran dan lampu-lampu cantik itu. Beberapa tak mengenakan masker.

Salah satu pengelola Tebing Breksi, Dwi menjelaskan wisatawan memang masih bandel soal pemakaian masker. Menurutnya ada wisatawan dari daerah tertentu yang punya kecenderungan abai protokol kesehatan.

Tebing Breksi YogyakartaWastafel di Tebing Breksi Yogyakarta (Foto: Putu Intan/detikcom)

"Kalau dari Jakarta ke arah timur sampai DIY, kebanyakan penerapannya luar biasa. Tapi dari daerah Jatim, itu sebagian masih sulit," kata Dwi.

"Dalam pemakaian masker misalnya, ada yang dari daerah tertentu disuruh pakai masker aja susah. Padahal kami di pos informasi sudah berulang kali mengingatkan tapi masih pada cuek," ujarnya.

Dengan kondisi seperti ini, Tebing Breksi terus berusaha untuk mendisiplinkan wisatawan. Di sana juga terdapat tim Covid yang siaga menertibkan.

"Kami ada tim Covid yang berkeliling, dari divisi keamanan dan kesehatan akan mendatangi wisatawan. Kalau ada yang tidak bermasker kami juga menyiapkan masker, kami berikan," tutur Dwi.

Saat ini Tebing Breksi dibuka mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Setiap wisatawan yang datang wajib sudah vaksin dan yang diizinkan masuk hanyalah yang berusia di atas 12 tahun.

Tebing Breksi merupakan salah satu dari 20 tempat wisata di Jawa yang diperbolehkan buka. Tim detikcom dalam program Roadtrip Jawa-Bali bersama Wuling Almaz RS sempat menyambangi lokasi wisata ini untuk melihat kondisi terkininya.



Simak Video "Proses Check In PeduliLindungi di Tebing Breksi Terkendala Sinyal"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA