Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Okt 2021 18:23 WIB

TRAVEL NEWS

Sempat Masuk, Kini Bali Tersingkir dari Daftar Kawasan Terkeren Tahun Ini

Tim detikcom
detikTravel
Copenhagen, Denmark on the Nyhavn Canal.
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/SeanPavonePhoto)
Jakarta -

Tahun lalu, Bali masuk dalam daftar bergengsi kawasan terkeren dunia. Namun, posisinya tahun ini tergantikan oleh kawasan di negara lain.

Dikutip detikTravel dari situs gaya hidup Time Out, Jumat (8/10/2021), Nørrebro, kawasan pemukiman dan pertokoan kecil di Kopenhagen, Denmark, terpilih sebagai kawasan paling keren di dunia tahun ini versi situs gaya hidup tersebut.

Daftar tahun ini disusun berdasarkan hasil survei tahunan Time Out terhadap 27 ribu responden. Bersamaan dengan pandemi, tema peringkat tahun ini ialah semangat komunitas.

Sayangnya, tidak ada nama kawasan di Indonesia pada tahun ini. Tahun lalu, kawasan Banjar Nagi di Ubud Bali sempat masuk peringkat.

"Pandemi membuat banyak kota terpukul, termasuk kawasan bisnis lokalnya. Namun, di tengah pandemi, juga bermunculan semangat saling mendukung, yang menciptakan kerukunan baru," kata Caroline McGinn, pemimpin redaksi global Time Out kepada CNN Travel.

Kawasan Andersonville di Chicago, yang dikenal dengan kawasan LGBTQ+ dan ruang hijaunya, menempati urutan ke-dua dalam daftar Time Out tahun ini.

Sementara itu, kawasan Jongno 3-ga yang bersejarah di Seoul, Korea Selatan, menempati urutan ke-tiga.

Peringkat ke-empat dihuni oleh kawasan Leith, bekas kawasan industri di Edinburgh, Skotlandia, yang memiliki banyak ruang kreatif termasuk restoran top.

Membulatkan peringkat lima besar adalah Station District of Vilnius yang sarat seni dan dijejali banyak bar murah di Lithuania.

Kekompakan warga

Kawasan Nørrebro bukan hanya terpilih karena bisnis lokal yang menjamur di sana.

Time Out mengamini kawasan ini sebagai penghuni peringkat teratas karena inisiatif komunitasnya yang kompak untuk menjaga lingkungan hingga bangkit di tengah pandemi.

Setiap hari Minggu, jalanan di sana bebas kendaraan bermotor. Ruas jalannya lalu sering digunakan untuk pasar kaget sampai pameran seni.

Terpilihnya Nørrebro sebagai kawasan paling keren sedunia tahun ini semakin menambah bangga Copenhagen, yang juga bulan ini menduduki peringkat teratas dalam daftar kota teraman di dunia versi Safe Cities Index (SCI) dari Economist Intelligence Unit.

Juga baru beberapa hari yang lalu, restoran Noma dinobatkan sebagai restoran terbaik sedunia oleh ajang yang disebut "Piala Oscar di bidang kuliner".

"Lingkungan kota sangatlah dinamis, dapat berubah dengan cepat. Melihat banyaknya inisiatif baik yang muncul di sana selama pandemi sangatlah menyenangkan."

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA