Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Okt 2021 09:50 WIB

TRAVEL NEWS

Berkunjung ke Solo, Sandiaga Puji Produk UMKM dan Borong Banyak

Ari Purnomo
detikTravel
Sandiaga Uno di Solo
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Jumat (8/10/2021). (foto :Ari Purnomo/detikcom).
Solo -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengungkapkan rasa bangganya terhadap produk UMKM saat ini. Menurutnya, sekarang ini produk UMKM mempunyai kualitas yang cukup bagus dan tidak kalah dengan buatan luar negeri.

Melihat, tingginya kualitas produk UMKM Sandi optimis produk dalam negeri akan mampu bersaing di kancah dunia.

"Melihat dengan penuh rasa bangga bahwa produk ini punya kualitas internasional dan siap masuk untuk memperkuat ekonomi Indonesia dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandi kepada wartawan usia menjadi pembicara dalam kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021, di De Tjolomadu, Karanganyar, Jumat (8/10/2021).

Selama ini, Sandi melanjutkan, UMKM identik dengan produk yang tidak berkualitas, identik minim inovasi, identik adaptasi.

"Tapi saya lihat tadi produk-produk yang ditampilkan memiliki satu kualitas yang bisa bersaing. Yang menarik juga ada sisi inovasi adaptasinya juga, di tengah-tengah pandemi ini yang membuat saya semakin yakin kalau kita tangani dengan serius UMKM ini dan kewirausahaan kita akan mampu mencetak inovasi kelas dunia, ekonomi kita akan melompat jauh," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini yang perlu didorong adalah UMKM dan kewirausahaan. Kedua hal tersebut arahnya adalah menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya. Dalam kondisi tersebut, peran anak muda sangat dibutuhkan untuk menghadirkan terobosan baru.

"Disinilah peran anak-anak muda, yang tadi mendominasi AKI. Peran pemerintah harus hadir walaupun di tengah pandemi. Pemerintah memberikan perhatian khusus, mengkurasi, mengupgrade skill, upskilling dan reskilling, karena berada di persaingan global yang memiliki kompleksitas yang tinggi, " tutur Sandi.

Sandiaga Uno di SoloSandiaga Uno di Solo Foto: (Ari Purnomo/detikcom)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan, bahwa dengan diberikannya keterampilan maka UMKM akan mampu berdaya saing tinggi.

"Dengan memberikan keterampilan UMKM akan mampu berdaya saing dan yang paling penting bukan hanya bertahan, tapi bisa ambil peluang jadi pemenang," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno membeli produk UMKM yang ditampilkan. Sandi sampai menghabiskan jutaan rupiah untuk memborong produk berkualitas buatan dalam negeri tersebut.

"Tadi total habis Rp 3,4 juta (yang dibayar sendiri), tapi belum dapat laporan di belakang yang dibawa karena tambahan, karena habis, yang pertama, habisnya lumayan banyak," ujarnya kepada wartawan, Jumat (8/10/2021) malam.

Produk-produk yang dibeli tersebut kata Sandi nantinya akan dibawa ke Jakarta untuk dipamerkan. Dengan begitu, maka produk UMKM ini akan semakin dikenal oleh masyarakat.

"Tapi intinya akan kita bawa ke Jakarta untuk dietalasekan dan showcase untuk membantu produk mereka," tutur Sandi.

Simak video 'Kunjungi Rumah Siap Kerja, Sandiaga Dapat Wayang Mirip Dirinya':

[Gambas:Video 20detik]



(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA