Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Okt 2021 16:37 WIB

TRAVEL NEWS

Jogja Sudah Rame Tapi Agen Travel Belum Cuan

Yogyakarta masih PPKM Level 4, namun wisatawan telah memadati kawasan Malioboro. Begini potretnya.
Malioboro Yogyakarta (Foto: PIUS ERLANGGA/detikcom)
Yogyakarta -

Sejumlah destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah uji coba operasional terbatas. Kendati demikian tak lantas membuat agen travel wisata mendapatkan cuan.

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut permintaan paket perjalanan wisata dari luar daerah ke DIY tersebut masih lesu. Menurutnya, wisatawan yang datang ke Yogya tidak melalui biro perjalanan wisata.

"Memang terlihat banyak yang datang ke Malioboro tetapi kebanyakan datang sendiri-sendiri tanpa menggunakan jasa biro perjalanan wisata," kata Ketua Aita DIY Hery Satyawan saat dihubungi wartawan, Selasa (12/10/2021).

Dijelaskannya sebelum pandemi pemesanan paket perjalanan wisata di DIY didominasi oleh wisatawan mancanegara. Sementara wisatawan domestik sebagian besar berasal dari perusahaan serta instansi pemerintahan.

"Kondisi dulu memang yang banyak (pesanan) tamu-tamu asing. Kalau sekarang dari perusahaan-perusahaan masih banyak yang sulit mengalokasikan dana untuk piknik karena masih masa pemulihan," ungkapnya.

Hery meminta kepada Pemda DIY agar bisa memberikan aturan baku di lapangan. Untuk mencegah agar wisatawan tidak kecele. Sebab, akan berpengaruh terhadap impresi wisatawan.

"Jangan sampai kami sudah bawa tamu tapi nggak boleh masuk. Nanti kami bisa dikomplain sama tamunya," sebutnya.

Sebagai penyedia jasa perjalanan wisata, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh hari. Pihaknya juga telah menyusun penerapan protokol kesehatan untuk jasa biro perjalanan wisata.

"Secara prinsip kami selalu siap. Termasuk dalam penerapan protokol kesehatan. Apalagi kami sudah lama tidak mendapat order," pungkasnya.



Simak Video "Rencana Sri Sultan Usai Lokasi Wisata di Yogyakarta Dibanjiri Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA