Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Okt 2021 19:08 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Pantai Bikini di Arab Saudi, WNI: Yang Datang Rata-rata Ekspatriat

Pure Beach
Foto: Pure Beach (Visit KAEC)
Jakarta -

Sebuah pantai bikini dibuka di Arab Saudi. Wisata pantai ditujukan agar wisatawan menghabiskan uangnya di dalam negeri.

Pure Beach, sebuah pantai di Arab Saudi menjadi perbincangan lantaran membolehkan wisatawannya mengenakan bikini. Hal ini tentu menjadi pemandangan tak biasa lantaran Arab Saudi dikenal cukup ketat menerapkan norma bersyariat Islam.

Pantai ini memang ditujukan untuk penduduk agar tak berwisata di luar negeri. Wisatawan yang berkunjung pun kebanyakan ekspatriat yang berada di Arab Saudi.

"Biasanya yang banyak datang ke sini para ekspatriat, alias pekerja asing. Tempat wisata pantai disetting sesuai permen (peraturan menteri wisata Arab Saudi) yang baru untuk membuat penduduk menghabiskan uangnya di dalam negeri," kata seorang WNI di Arab Saudi, Abu Muhammad kepada detik Travel, Jumat, (22/10/2021).

Namun, kendati diperbincangkan di Indonesia, nyatanya di Arab Saudi sendiri tempat ini bukan pantai umum yang ramai didatangi wisatawan. Areanya begitu jauh dari kawasan penduduk.

"Heboh di media saja, karena tempatnya kan khusus dan masuknya juga bayar per orangnya juga mahal antara 75-100 SAR/per orang dan tempatnya jauh dari tempat tinggal penduduk daerah pantai dan tempat ini memiliki izin dari Pemerintah," tambah Abu.

Selain Pure Beach, ada juga pantai semacamnya yang dikelola secara resmi dan dengan modal yang besar. Namanya Durrah Flats yang berlokasi di Jeddah.

[Gambas:Instagram]




Sementara, pantai-pantai umum dikelola badan usaha. Sedangkan pantai yang disewakan private aturannya sesuai dengan kebijakan perorangan.

"Kalau Pantai umum kan dikelola oleh sebuah badan usaha dan aturan sesuai usaha. Nah kalau private yang dimiliki oleh perorangan mereka sewakan dengan aturan-aturan tertentu sesuai aturan perorangan," kata Abu.

Pure Beach merupakan bagian dari Lagoon Preserve, King Abdullah Economic City (KSEC). Di sini, warga Arab Saudi dan turis asing bisa bebas mendengarkan musik, berdansa hingga para pria dan wanita bebas bergandengan tangan.



Simak Video "WNI Bisa ke Arab Saudi Tanpa Karantina dan Booster Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA