Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Okt 2021 22:14 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Indonesia, Vietnam yang Rebut Predikat Asia's Leading Destination 2021

Femi Diah
detikTravel
Hạ Long Bay or Halong Bay (Vietnamese: Vịnh Hạ Long), is a UNESCO World Heritage Site and popular travel destination in Quảng Ninh Province, Vietnam
Foto: Getty Images/iStockphoto/Juan Carlos fotografia
Jakarta -

Vietnam mengalahkan delapan pesaing untuk menyabet predikat Asia's Leading Destination di World Travel Awards 2021. Indonesia termasuk yang disingkirkan.

Selain Indonesia, deretan negara nominasi kategori Asia's Leading Destination di World Travel Award 2021 lain yang harus tunduk kepada Vietnam adalah China, India, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, dan Thailand.

Pemenang di ajang World Travel Award 2021 itu didapatkan berdasarkan suara terbanyak lewat poling oleh para profesional industri perjalanan dan publik melalui situs worltravelaward.com. Poling dimulai 30 Maret hingga 1 September 2021. Hasilnya, diumumkan pada 19 Oktober 2021. Untuk persaingan dunia masih terbuka hingga 24 Oktober.

World Travel Awards pertama kali diluncurkan pada tahun 1993 untuk mengakui keunggulan dalam industri perjalanan dan pariwisata.

Ajang itu disebut-sebut sebagai gelaran industri perjalanan yang setara dengan Oscar oleh The Wall Street Journal.

Selain mendapatkan gelar Asia's Leading Destination 2021, Vietnam juga menempatkan situs warisan UNESCO Ha Long Bay di provinsi utara Quang Ninh sebagai Asia's Leading Tourist Attraction 2021.

Sejak pengakuannya sebagai warisan alam dunia UNESCO pada tahun 1994, Ha Long Bay mampu bersaing sebagai destinasi pariwisata global. Teluk itu membuat Quang Ninh bisa menggaet 14 juta wisatawan, termasuk 5,7 juta turis asing. Tercatat, pada 2019 jumlah wisatawan ke Ha Long Bay naik 14 persen dari tahun sebelumnya.

Dalam kategori itu, Ha Long Bay mengalahkan Angkor Wat di Kamboja, Candi Borobudur di Magelang, Tembok Raksasa China, Intramuros Filipina, dan Museum Sengan-en and Shoko Shuseikan Jepang, Taj Mahal India, teamLab SuperNature Makau, Ksatria Terakota China, Kota Terlarang China, Tokyo Imperial Palace, dan Victoria Peak Hong Kong.

Vietnam juga menjadikan Van Don, bandara swasta pertama Vietnam, di Quang Ninh sebagai pemilik gelar bandara terkemuka di Asia. Diresmikan pada Desember 2018, bandara senilai VND 7,5 triliun ini terletak 50 kilometer dari Ha Long Bay.

Sementara itu, Indonesia menyabet dua predikat terbaik dari 19 aspek di kategori destinasi, yakni Asia's Leading Wedding Destination 2021 dan Asia's Most Romantic Destination 2021. Keduanya dimenangkan Bali.

Adapun, spot wisata Indonesia yang masuk nominasi di kategori destinasi Asia adalah pantai, diving, dan taman nasional (Taman Nasional Komodo).

Yang perlu dicermati, Indonesia bahkan tidak masuk sebagai nominasi dalam 11 aspek di kategori destinasi. Hasil kurang sip itu ada di persaingan sport tourism, festival and event, heritage, youth travel, dan cultural city.

Tantangan buat Kemenparekraf yang kini dipimpin Sandiaga Uno?



Simak Video "UNESCO Minta Pemerintah Indonesia Stop Proyek di Pulau Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA