Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Okt 2021 17:22 WIB

TRAVEL NEWS

Syarat Naik Pesawat Jawa Bali Wajib Tes PCR meski Sudah Vaksin Picu Polemik

Tim detikcom
detikTravel
Petugas melintas di area Terminal Internasional menjelang pembukaan kembali penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (13/10/2021). Bandara Ngurah Rai akan dibuka kembali untuk melayani penerbangan internasional pada Kamis (14/10) besok. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Ilustrasi bandara Ngurah Rai (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Sejumlah hasil penelitian memang menunjukkan risiko penularan Covid-19 di dalam pesawat rendah. Salah satunya merujuk penelitian International Air Transport Association (IATA) yang menyebut kemungkinan tertular Corona di pesawat malah lebih kecil ketimbang tersambar petir. Dengan hanya 44 kasus di antara 1,2 miliar penumpang, itu berarti 1 dari setiap 27 juta penumpang.

dr Tirta membandingkannya dengan aturan masuk bioskop, yang hanya perlu vaksin dua kali dan menunjukkan buktinya lewat aplikasi PeduliLindungi. Padahal, risiko penularan virus Corona di bioskop lebih tinggi.

"Bahkan bioskop, yang risiko penularannya lebih tinggi sudah dibuka, cukup vaksin dua kali dan Pedulilindungi. Sementara pesawat kudu PCR. Saya yakin netizen juga udah paham ini. Harusnya pemangku kebijakan nggak ACC kebijakan terbang harus swab pcr dulu, cukup swab antigen," tuturnya.

Dia juga membandingkan kebijakan PCR sebagai syarat naik pesawat itu dengan transportasi darat. Dia mendorong agar kebijakan ini segera direvisi.

"Lucunya juga, transportasi darat, nggak ada hepa filternya, lebih lama pula di dalam mobil, justru nggak wajib PCR. Yok bisalah direvisi. Belum telat, sebelum kebijakannya jalan 1 November nanti," dia menambahkan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Catat! Kini Naik Pesawat Harus Sudah Vaksinasi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA