Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Okt 2021 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Selamatkan 100 Koala dari Kebakaran, Anjing Ini Dapat Penghargaan

Putu Intan
detikTravel
Anjing Bear menyelamatkan 100 koala di Australia
Anjing Bear dapat penghargaan nih (Facebook IFAW)
Canberra -

Australia memberikan penghargaan khusus untuk anjing yang telah menyelamatkan ratusan koala dari kebakaran semak. Anjing ini juga mendapatkan hadiah istimewa.

Traveler mungkin masih ingat kebakaran semak hebat yang terjadi pada tahun 2019-2020. Saat itu, tak hanya penduduk Australia saja yang menjadi korban tetapi satwa-satwa termasuk kanguru dan koala juga terimbas.

Saat kejadian tersebut, ada seekor anjing yang turun tangan menyelamatkan para koala dari kebakaran. Anjing berjenis Koolie berusia enam tahun tersebut bernama Bear.

Dilansir dari Daily Mail, Senin (25/10/2021) Bear dianugerahi medali khusus oleh Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW) di Haouse of Lords. Pawang Bear, Romance Cristescu mengatakan dengan penghargaan ini Bear diakui sebagai anjing penyelamat dan bakal mendapatkan hadiah berupa tepukan dan waktu bermain yang lebih banyak.

"Dia adalah anak yang baik dalam membantu kami menemukan dan menyelamatkan koala, terutama selama kebakaran hutan. Tetapi dia juga bekerja sepanjang tahun untuk membantu kami dalam mewujudkan tempat yang lebih baik dan lebih aman untuk koala," kata dia.

Sebelum menjadi anjing penyelamat, Bear merupakan anjing terlantar. Ia ditinggalkan pemiliknya karena mengidap gangguan obsesif kompulsif yang menyebabkan Bear tidak dapat bermain dengan anjing lainnya.

Akan tetapi kekurangan Bear ini justru menjadi kelebihan ketika ia menjadi kandidat hebat dalam program Anjing Deteksi untuk Program Konservasi dari University of the Sunshine Coast.

Bear dilatih untuk mengenali aroma bulu koala. Ia merupakan satu-satunya anjing di dunia yang dilatih untuk melakukan hal tersebut. Belakangan, Bear dipuji karena menyelamatkan 100 koala ketika habitat mereka dilalap api.

Anjing Bear juga diajari untuk jatuh diam-diam ke tanah di pangkal pohon ketika mendeteksi bau koala. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa habitat koala tidak terganggu dan membantu timnya menemukan koala yang membutuhkan perawatan medis.



Simak Video "Polisi Selamatkan 53 Anjing di Sukoharjo yang Akan Dijual Buat Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA