Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Okt 2021 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Incaran Turis Asing di Indonesia Tahun 2021, Bali, Tangerang Masuk Juga!

Follow me concept woman leading boyfriend on idyllic beach. People travel luxury vacations destinations concept
Foto: Getty Images/swissmediavision
Jakarta -

Bali masih jadi pilihan teratas wisatawan mancanegara pada 2021 dibandingkan tahun 2019 sebelum masa pandemi. Yang mengejutkan, Tangerang juga masuk wishlist para bule lho.

Ya itu berdasarkan data pencarian turis mancanegara dari Agoda. Mengutip data Agoda, Kamis (28/10/2021) Bali berada di urutan teratas, disusul Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Lombok, Batam, Malang, Puncak, dan Tangerang di urutan ke-10.

Khusus untuk Bali, dengan dibukanya kembali Bali untuk wisatawan mancanegara, maka kebutuhan untuk kolaborasi antarpemangku kepentingan semakin dirasa penting.

I Ketut Swabawa, Head of the Association of Hospitality Leaders Indonesia (AHLI) mendukung kerjasama yang lebih erat antar pemangku kepentingan di bidang pariwisata.

Sementara itu, Kepala Bali Tourism Board, Ida Bagus Agung Partha Adnyana menyatakan pihaknya sudah melakukan kerja sama dan kolaborasi itu sejak awal pandemi.

"Sejak pandemi, Bali Tourism Board telah berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata untuk penyediaan sembako, sertifikasi CHSE, vaksin, serta 35 hotel karantina dan sejumlah fasilitas penunjang tracing dan treatment di Bali. Sebagai asosiasi, kami berperan penting dalam membantu akselerasi pelaksanaan hal-hal tersebut," ujar Head of Bali Tourism Board Ida Bagus Agung Partha Adnyana.

Selama pandemi, Agoda sendiri membantu hotel menjadi lebih kompetitif dengan solusi dan fitur baru yang menjawab kebutuhan wisatawan domestik. Fitur itu antara lain Agoda Special Offers, GoLocal, Easy Cancel, dan Hygiene Plus. Baru-baru ini, Agoda juga meluncurkan Vaxxed-to-Go, untuk mendukung program vaksinasi nasional. Kampanye ini memberikan penawaran dan fasilitas menarik bagi wisatawan yang sudah divaksinasi dengan diskon hingga 15%.

"Kami terus berinovasi dan merancang solusi untuk mendukung pemulihan industri, dan mendorong para pelaku industri pariwisata dan perhotelan untuk bekerja sama membantu Indonesia membuka kembali perjalanan dengan lancar," ujar Senior Country Director Indonesia, Agoda, Gede Gunawan.

Sementara itu Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan kunci bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ada di kolaborasi. Selain itu, diperlukan juga inovasi dan adaptasi.

"Di berbagai kesempatan, saya menyampaikan bahwa kunci untuk membangkitkan sektor parekraf di saat pandemi bisa dilakukan dengan menerapkan strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," tutur Sandiaga dalam webinar bersama Agoda.

Sandiaga yang sangat mengapresiasi webinar Agoda, juga mengatakan, ketiga hal itu akan makin berhasil jika didukung dengan 3G, yaitu Gercep (Gerak cepat), Geber (Gerak bersama), dan Gaspol (Garap semua potensi untuk ciptakan lapangan kerja).

"Kolaborasi mutlak dilakukan dengan berbagai pihak, karena dengan bersama kita bisa menyusun strategi dan berjuang bersama dan bangkit bersama. Oleh karenanya mari tingkatkan kerjasama agar sektor parekraf lekas bangkit sehingga mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan mampu menggerakkan ekonomi nasional," tambah Sandiaga Uno.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA