Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Okt 2021 08:35 WIB

TRAVEL NEWS

Pengen Liburan ke Korea? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut

Spot winter sonata di Nami Island Korsel
Ilustrasi Nami Island (Kurnia/detikTravel)
Seoul -

Korea Selatan menjadi incaran bagi wisatawan dari Indonesia. Tapi traveler yang ingin liburan ke sana, ketahui dulu hal-hal berikut ini.

Hingga kini Korea Selatan masih menutup pintunya untuk wisatawan internasional, pemerintah setempat masih berusaha menghentikan virus COVID-19. Namun tak ada salahnya mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebelum border Korea dibuka.

Sebelum memutuskan untuk jalan-jalan ke Korea Selatan, ada baiknya kita mengetahui bahasa, budaya dan etika yang berlaku. Ada bahasa sangat formal, formal dan tidak formal.

"Di sana sudah bisa bahasa Inggris sebenarnya, banyak yang bisa tapi mungkin lebih baik kita ngenal bahasa sehari-harinya yang sering diucapkan," kata Influencer yang merupakan mahasiswa di Korea Selatan, Mutiara Adiguna dalam Moslem Friendly Korea Festival, Jumat (29/10/2021).

Nah untuk percakapan saat bertemu orang baru di Korea, traveler sebaiknya menggunakan bahasa sangat formal untuk menjaga kesopanan. Lalu, selain bahasa, traveler juga harus mengenal budaya masyarakat Korea Selatan.

"Belajar budaya atau kebiasaan orang Korea Selatan sebelum pergi ke Korea itu adalah hal yang penting untuk kita pelajari untuk menghindari culture shock," kata Mutiara.

Beberapa budaya yang harus traveler ketahui saat ke Korea Selatan di antaranya adalah budaya ppali ppalli atau kebiasaan orang Korea yang cepat dan on time, budaya dalam berpakaian mereka yang tertutup, menjunjung tinggi privasi dan budaya makan.

"Jadi kenapa aku bilang Korea moslem friendly, karena dari berpakaian aja mereka tidak terbuka banget," ungkap Mutiara.

"Di Korea kita tidak boleh foto sembarangan atau fotoin orang sembarangan. Ada pasalnya soalnya bisa kena hukuman di sana, bisa kena denda atau deportasi. Jangan sampai kita baru pertama ke Korea nggak dibolehin ke sana lagi," kata Mutiara

"Budaya makan sebenarnya hampir sama di Indonesia tapi nggak pakai garpu tapi pakai sumpit. Terus di sana nggak boleh jalan kaki sambil makan," tambahnya.

Sementara itu, selain tentang bahasa dan budaya, traveler harus tahu dulu nih bagaimana musim di Korea Selatan. Kamu bisa menyocokkan pakaian agar tidak salah kostum.

"Sebelum berangkat Korea tau musimnya apa, kalo spring lebih ke pink putih jangan pakai pakaian yang agak ngeblend (warnanya). Lebih bagus pakaian warna yang lebih keluar," kata Influencer yang suka trip ke Korea, Furry Citra.

Selain pakaian, traveler bisa merencanakan destinasi mana yang cocok untuk kalian datangi. Misalnya, saat musim semi, traveler bisa datang ke Seokchon Lake, Namsan Tower dan Cheonggyecheon Stream.

Saat musim panas, destinasi yang cocok untuk didatangi adalah Hangang Park, Namsan Tower, Sinsadong Cafes dan Coex Mall. Sementara saat musim gugur, kamu bisa datang ke Haneul Park, Namsan Tower, Ewha Womans Universuy, Lotte World hingga Nami Island.

Terakhir, saat musim dingin traveler bisa mendatangi Namsan Tower, Nami Island, Bukchon Hanok Village hingga Haneul Park.



Simak Video "Yeorobun! Mulai 1 Juni Perjalanan ke Korea Selatan Dibuka kembali"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Eureka
×
Misteri Multiverse
Misteri Multiverse Selengkapnya