Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Nov 2021 09:15 WIB

TRAVEL NEWS

Dikira Mainan Pasar Loak, Wanita Ini Hampir Buang Berlian Rp 39 M

bonauli
detikTravel
Berlian senilai Rp39 miliar, dibeli di pasar loak dan hampir dibuang, ditemukan saat bersih-bersih rumah
Berlian dari pasar loak (BBC Magazine)
London -

Iseng-iseng berhadiah, seorang wanita membeli berlian mainan dari pasar loak. Ternyata, itu berlian sungguhan!

Betapa gembiranya wanita ini begitu mengetahui keberuntungannya. Wanita ini berasal dari Nothumberland, Inggris. Wanita ini berusia 70 tahun dan sudah menjadi pensiunan.

Dilansir detikTravel dari New York Post, Selasa (2/11/2021), wanita ini iseng membeli permata yang awalnya dikira mainan di pasar loak. Setelah lama terlupakan, wanita ini menemukan kembali permata tersebut saat bersih-bersih rumah.

Karena penasaran, wanita tersebut membawa permata tersebut ke sebuah pelelangan. Permata tersebut kemudian dinilai oleh Juru lelang Mark Lane.

Lane terkejut dengan apa yang ditemukannya, sebuah berlian asli. Permata itu berukuran lebih besar dari koin satu poundsterling.

"Perempuan itu datang membawa sekantong perhiasan, dia membawanya ke sini karena kebetulan melewati toko kami dan dia sudah ada janji lain," ujar Lane.

Lane kemudian mengirimkan berlian tersebut ke London sebelum disertifikasi oleh para pakar di Antwerpen, Belgia. Para para mengonfirmasi bahwa berlian tersebut memiliki nilai 34 karat.

"Kami melihat batu yang cukup besar, lebih besar dari koin satu poundsterling, dan saya pikir itu adalah zirkon CZ [cubic zirconia, berlian imitasi sintetis]. Berlian itu saya simpan di meja selama dua atau tiga hari sampai saya mengeceknya dengan mesin penguji berlian," jelasnya.

Pengukuran karat bergantung pada berat batu, di mana batu yang lebih berat memiliki karat dan nilai yang lebih tinggi. Lane mengatakan pemiliknya, yang ingin tetap anonim, tidak ingat di mana atau kapan dia membelinya.

Dia sering mengunjungi pasar barang bekas dan membeli pernak-pernik, tetapi tidak pernah sekalipun dia mengira itu berlian asli.

Lane, yang telah menjalankan bisnis lelang selama lima tahun setelah membelinya dari pemilik sebelumnya, menambahkan berlian tersebut adalah barang termahal yang pernah dia tangani.

"Warnanya, kejernihannya, ukurannya... menemukan berlian 34 karat itu tidak ada tandingannya," ucapnya bangga.

Berlian itu dijaga ketat di pusat perhiasan Hatton Garden London karena akan dilelang pada 30 November.



Simak Video "Abu Kremasi Diubah Jadi Berlian, Emang Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA