Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Nov 2021 10:02 WIB

TRAVEL NEWS

Syarat Penerbangan Terbaru, Berubah Setelah Dikritik Insan Penerbangan

SE Kemenhub 88 2021 Tentang Aturan Naik Pesawat, Ini Isinya
Syarat penerbangan terbaru, tak perlu lagi pakai PCR Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Jakarta -

Setelah muncul desakan dari berbagai pihak, terutama insan penerbangan, pemerintah akhirnya memutuskan tes PCR tak lagi menjadi syarat penerbangan di Jawa-Bali.

Ikatan Pilot Indonesia sempat menulis surat terbuka soal aturan tes PCR untuk naik pesawat.

"Kami Ikatan Pilot Indonesia menghimbau untuk dapat dilakukan peninjauan kembali aturan tersebut. Pesawat komersial dilengkapi HEPA sebagai filter terhadap virus, sehingga menurut Ikatan Pilot Indonesia transportasi udara semestinya mendapatkan prioritas untuk diutamakan pemulihannya," tulis surat terbuka yang disampaikan para pilot tersebut.

WHO, IATA, ICAO menyatakan, bahwa Tes Antigen memiliki akurasi yang baik, lebih murah, dan cepat memberikan hasil sehingga direkomendasikan untuk digunakan sebagai alat tes.

Penelitian juga menunjukkan bahwa rasio penularan di dalam pesawat udara sangat rendah, serta didukung dengan penerapan protokol kesehatan ketat di bandara, serta telah divaksinnya semua pekerja maupun penumpang transportasi udara, maka Transportasi udara sangat aman dan mendukung pencegahan penyebaran COVID-19.

Menyadari banyaknya kritikan, pemerintah akhirnya merevisi syarat penerbangan tersebut, hanya dalam hitungan hari.

"Untuk perjalanan ada perubahan yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali, perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR tetapi cukup menggunakan tes antigen. Sama dengan yang sudah diberlakukan untuk wilayah luar Jawa non Bali," kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

Namun Muhadjir tetap menekankan momentum perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) harus diantisipasi agar tak terjadi lonjakan kasus Covid-19. Pemerintah mempersiapkan berbagai langkah-langkahnya.

"Beberapa aturan tersebut di antaranya mengenai pergerakan orang, lokasi wisata, pertokoan, dan lainnya. Langkah itu tetap diperkuat dengan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan (prokes) dan 3T (tracing, tracking, treatment)," ujar Muhadjir.



Simak Video "Tinjau Persiapan ASEAN Para Games, Menko PMK: Optimis RI Juara Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA