Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Nov 2021 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Kano Berusia 1.000 Tahun Ditemukan, Jejak Suku Maya Kembali Terungkap

Putu Intan
detikTravel
Destinasi Terbaik Dunia 2020
Ilustrasi Suku Maya. Foto: CNN
Mexico City -

Artefak Suku Maya kembali ditemukan. Kali ini ada kano kayu berusia sekitar 1.000 tahun yang ditemukan di selatan Meksiko.

Kano kayu ini ditemukan dalam proyek arkeologis dan penggarapan konstruksi besar kereta wisata. Lokasinya dekat dengan reruntuhan Chichen Itza yang pernah menjadi kota besar bagi Suku Maya.

Dilansir dari Reuters, Selasa (2/11/2021) kano tersebut diperkirakan berasal antara tahun 830-950 Masehi. Kala itu, peradaban klasik Maya mendekati akhir dari puncaknya.

Saat itu, puluhan kota yang terletak di wilayah yang kini dikenal sebagai Meksiko Selatan dan Amerika Tengah sudah mencapai hal besar dalam kehidupan manusia. Bidang-bidang seperti matematika, penulisan, dan seni sudah berkembang di sana.



Kembali ke penemuan kano kayu, benda ini disebut sangat langka namun yang mencengangkan adalah kondisinya hampir sepenuhnya utuh. Kano itu terendam di kolam air tawar yang dikenal sebagai conete dan ribuan di antaranya tersebar di Semenanjung Yucatan di Meksiko.

Kano ini memiliki panjang sekitar 1,6 meter dengan lebar 80 sentimeter. Badan Barang Antik Meksiko (INAH) menduga, kano ini digunakan untuk mengangkut air dari cenote. Dugaan lainnya, kano itu juga menjadi bagian dari ritual persembahan.

Penemuan ini disebut sebagai kano lengkap pertama seperti di daerah Maya. Sejumlah ahli dari Sorbonne University di Paris akan membantu dengan analisis kayu yang terpelihara dengan baik untuk menentukan usia dan jenis kano tersebut. Kano tiga dimensi ini juga akan menjadi bahan studi lebih lanjut dan memungkinkan menjadi dasar pembuatan replika kano milik Suku Maya.



Simak Video "Melihat Isi Situs Arkeologi di Guatemala"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA