Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Nov 2021 17:29 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Desa Wisata Lombok Harus Siap Sambut MotoGP

Tim detikcom
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno saat visitasi 50 desa wisata terbaik ADWI 2021 di Desa Sesaot Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (3/11/2021)
Sandiaga di Desa Sesaot Lombok Barat Foto: Kemenparekraf
Lombok Barat -

Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke desa wisata Sesaot di Lombok Barat. Dia bertemu dengan bupati hingga makan bareng sate Bulayak khas Lombok.

Keinginan Menparekraf Sandiaga Uno untuk berkunjung ke Lombok Barat dan bertemu Bupati Fauzan Khalid akhirnya terwujud. Kunjungan Sandiaga itu berlangsung di desa wisata Sesaot yang juga masuk dalam nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Dalam kunjungannya itu, Sandiaga disambut hangat oleh Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, bersama Ketua DPRD Lombok Barat Nurhidayah, Anggota Komisi X DPR RI M. Syamsul Luthfi, dan Direktur Tata Kelola Destinas Indra Ni Tua. Sandiaga pun secara khusus diajak untuk berkeliling menikmati indahnya suasana alam di desa wisata Sesaot.

Menparekraf Sandiaga Uno saat visitasi 50 desa wisata terbaik ADWI 2021 di Desa Sesaot Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (3/11/2021)Menparekraf Sandiaga Uno saat visitasi 50 desa wisata terbaik ADWI 2021 di Desa Sesaot Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (3/11/2021) Foto: Kemenparekraf

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga sempat mencicipi makanan khas Lombok Barat, yaitu Sate Bulayak. Sate Bulayak merupakan makanan khas Lombok Barat yang terdiri dari sate berbahan dasar daging sapi, atau ayam yang dipotong kecil kecil lalu ditusuk menjadi sate.

Menparekraf Sandiaga Uno saat visitasi 50 desa wisata terbaik ADWI 2021 di Desa Sesaot Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (3/11/2021)Sate bulayak Foto: Kemenparekraf

Kekhasan sate ini terdapat pada bulayak, yaitu sejenis lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Sementara bumbunya merupakan bumbu pelalah yang memiliki cita rasa khas Lombok Barat.

Bumbu khas itu terbuat dari kacang tanah yang disangrai, ditumbuk, lalu direbus bersama santan serta bumbu-bumbu lain seperti ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, lada, santan kelapa, kemiri, cabai, dan air jeruk nipis.

Semua bahan-bahan itu dicampur jadi satu agar sate menjadi lebih enak. Rasa bumbu kacangnya mirip bumbu kari dengan lebih menonjolkan rasa pedas, yang merupakan ciri khas masakan dari Lombok.

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno mengatakan desa wisata merupakan destinasi penting untuk menunjang pariwisata Indonesia. Dia pun meminta kepada semua desa wisata untuk terus menata dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

"Desa wisata harus mempersiapkan diri untuk menyambut berbagai event internasional yang akan kita laksanakan," ujarnya.

Tak hanya untuk wisman, desa wisata juga harus menyasar wisatawan nusantara. Apalagi akan ada event bertaraf internasional yang akan digelar di Lombok.

"Tahun depan banyak event yang akan kita lakukan termasuk MotoGP di NTB, kita harapkan agar mampu membuka peluang untuk bangkit, ekonomi bergerak kembali dan lapangan kerja terbuka," pungkas Sandiaga Uno.

Profil Desa Wisata Sesaot, Lombok Barat

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA