Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Nov 2021 18:03 WIB

TRAVEL NEWS

Negara Terkecil Dunia, dan Kisah Pasukan Pengamanannya

Tim detikcom
detikTravel
Belum lama ini Vatikan melaporkan kasus pertama terkait penyebaran virus corona. Kasus tersebut menambah daftar panjang kota dan negara yang terdampak COVID-19.
Negara terkecil di dunia Foto: AP Photo/Andrew Medichini
Vatican City -

Traveler tahu negara mana yang jadi negara terkecil di dunia? Vatikan jawabannya. Vatikan merupakan negara paling kecil yang luasnya hanya mencapai 0,44 km persegi.

Luas dan Perbatasan Vatikan

Negara Kota Vatikan terletak di wilayah kota Roma bagian Barat dengan luas keseluruhan 0,44 km persegi, dengan panjang 1.045 meter dan lebar 850 meter.

Negara dengan penduduknya yang hanya mencapai kurang dari 1.000 jiwa ini disebut sebagai negara 'enklave' karena letaknya di dalam negara lain, yaitu Italia. Sebagai tanda pembatas dengan Italia, wilayah Vatikan dikelilingi tembok-tembok yang melingkari sekitar Kota Roma.

Selain wilayah Negara Kota Vatikan yang tersebut di atas, masih ada juga berbagai wilayah dan gedung yang terletak di dalam wilayah Italia yang merupakan bagian integral Negara Kota Vatikan dengan sebutan 'wilayah ekstrateritorial' yang luasnya 700 ribu meter per segi.

Penduduk Vatikan seluruhnya berjumlah sekitar 1.000 orang dan menetap di sana karena pekerjaan dan jabatan. Penduduk Vatikan terdiri dari berbagai warga negara, dimana mayoritas adalah warga negara Italia. Mereka juga memperoleh Kewarganegaraan Vatikan namun berdasarkan "permanent residence" dari Pemerintah Italia yang diatur dalam Perjanjian Lateran.

Pasukan Pengamanan Khusus Vatikan

Mengutip situs Kemlu RI, negara Kota Vatikan tidak memiliki angkatan bersenjata. Sebelum Paus Paulus VI terdapat 4 satuan keamanan bersenjata, yang terdiri dari satuan-satuan elite Guardia D'onore di Sua Santità, Gendarmeria Papale, Guardia Palatina dan Guardia Svizzera (Pasukan Pengawal Swiss/ Swiss Guard). Pada tahun 1970 masa Paus Paulus VI, kesemua satuan ini dihapuskan, kecuali Guardia Svizzera.

Disebut Pasukan Swiss karena pada tahun 1506 Paus Giulio II, melihat perlunya pasukan pengawal pribadi yang didatangkan dari Swiss. Pasukan ini dikenal dari pakaian seragam warna-warni seperti pakaian kuno dari abad ke-15.

Guardia Svizzera yang berjumlah 110 orang, merupakan pasukan militer dengan tugas pokok senantiasa siap siaga menjaga keamanan Paus di kediamannya. Mereka tinggal di asrama dalam lingkungan Vatikan.

Masalah keamanan sehari-hari Negara Kota Vatikan secara keseluruhan diserahkan pada Agenti del Corpo di Vigilanza dello Stato della Città Vaticana (Pasukan Pengawal Negara Kota Vatikan) yang beranggotakan lebih dari 100 orang. Pasukan Pengawalan menjaga keamanan di Vatikan dan dalam tempat/wilayah ekstrateritoral, melakukan pengawasan atas barang-barang milik Vatikan dan juga mengatur lalu lintas.

Pemilihan untuk menjadi Guardia Svizzera dan Agenti del Corpo di Vigilanza dello Stato della Città Vaticana sangat ketat dan harus disertai surat berkelakuan baik dari kepolisian dan uskup daerah masing-masing termasuk pula kepatuhannya terhadap Gereja.

Sedangkan untuk keamanan di sekitar Negara Kota Vatikan, merupakan tanggungjawab Polisi Negara Italia dan Carabinieri (Polisi Militer Italia).



Simak Video "Momen Bahagia Paus Fransiskus di Ultah ke-85, Terima Kue dari Anak-anak "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA