Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Nov 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Vila Roma dari Abad ke-16 Dilelang, Buka Harga dari Rp 7 T, Berminat?

Villa Aurora
lukisan dinding karya seniman II Guercino (Getty Images)
Jakarta -

Sebuah vila mewah bersejarah di Roma akan segera dilelang. Bukan sembarang vila, ada hal unik di dalamnya yang tak ditemukan di tempat lain.

Namanya Villa Aurora, bangunannya terbentang 2.800 meter persegi dengan tanaman yang rimbun. Satu hal yang unik, Vila Aurora adalah satu-satunya rumah yang mempunyai mural Caravaggio di bagian langit-langit. Karya tersebut adalah hasil lukisan seniman Italia, Mihelangelo Merisi.

Villa AuroraVilla Aurora Foto: (Getty Images)

Sudah lama berdiri, vila mewah ini dibangun pada abad ke-16 oleh Kardinal Francesco Maria Del Monte yang kemudian dijual kepada pemiliknya saat ini, yaitu keluarga bangsawan Ludovisi.

Vila Aurora mulai dilelang pada 18 Januari dengan tawaran pembukaan harga 471 juta euro atau sekitar Rp 7 triliun! Penjualan ini merupakan hasil sengketa warisan yang berlarut-larut setelah kematian pemilik sebelumnya, Pangeran Nicolo Boncopagni Ludovisi pada 2018.

Menurut Putri Rita Boncopagni Ludovisi, salah satu pendiri Microsoft Bill Gates dan seorang emir Qatar pernah tertarik membeli Villa Aurora. Rita telah tinggal di vila ini selama 18 tahun.

"Saya hanya berdoa dan berharap siapa pun yang membelinya akan menyukainya seperti kami," kata Rita.

Dahulu, pada tahun 1597, seorang diplomat dan pelindung seni Kardinal Del Monte menugaskan Caravaggio untuk mengecat langit-langit ruangan kecil di lantai pertama. Ruangan tersebut dia gunakan untuk laboratorium alkimianya.

Mural selebar 2,75 meter tersebut dicat dengan minyak langsung dan menggambarkan adegan alegoris dengan dewa Jupiter, Neptunus dan Pluto yang mewakili transformasis timah menjadi emas.

Caravaggio melukis wajah dan tubuhnya sendiri di ketiga patung. Mural itu sendiri bernilai mahal yaitu 310 juta euro atau sekitar Rp 4,9 triliun.

Aurora sendiri berasal dari lukisan dinding karya seniman II Guercino yang menghiasi langit-langit besar aula dekat pintu masuk yang melukiskan Aurora, dan dewi fajar sedang mengendarai keretanya.

Dilindungi oleh tembok yang tinggi, vila ini berdiri dekat dengan tempat pembuatan film 'La Dolce Vita,' Via Veneto karya Federico Fellini pada tahun 1960. Lalu, selain karya lukisan, villa ini juga dipenuhi patung, barang antik hingga salah satu karya yang dikaitkan dengan maser Reinassance.



Simak Video "Indahnya Panorama Alam di Kawasan Wisata Villa Edelweiss Mamasa"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA