Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Nov 2021 22:39 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Yakin Tana Toraja Bangkit, Jadi Tulang Punggung Wisata Kedua Setelah Bali

Tana Toraja
Tana Toraja Foto: dok. Kemenparekraf
Tana Toraja -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yakin pariwisata dan ekonomi kreatif Tana Toraja akan kembali bangkit dan kembali menjadi tulang punggung wisata Indonesia yang kedua setelah Bali.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika menyambangi Desa Wisata Kole Sawangan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (21/11/2021).

Desa Wisata Kole Sawangan ini terpilih sebagai satu di antara 50 desa wisata terbaik se-Indonesia. Penetapan tersebut diyakini mampu mengembalikan kejayaan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Tana Toraja yang telah lama menjadi destinasi unggulan setelah Bali.

"Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Toraja yang pernah menjadi destinasi nomor dua setelah Bali. Saya harap ini juga menjadi edukasi, menjadi satu daya tarik wisata berbasis budaya dan alam," ujar Sandiaga Uno dalam pernyataan yang diterima detikcom.

"Oleh karena itu dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, memohon ridho dari Tuhan yang maha esa, maka saya resmikan, saya nyatakan Desa Wisata Kole Sawangan sebagai desa wisata Indonesia Bangkit. Mudah-mudahan pencapaian ini akan menjadi awal dari kebangkitan kita ke depan," paparnya disambut tepukan tangan.

Semangat serupa juga disampaikan Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung. Dirinya yang mewakili seluruh masyarakat Toraja, khususnya di Desa Wisata Kole Sawangan itu menyampaikan rasa terharu, bangga sekaligus terima kasih dan hormat yang setinggi-tingginya kepada Sandiaga Uno.

Alasannya karena Sandiaga Uno telah bersedia hadir, sekaligus menyatakan Desa Wisata Kole Sawangan ini adalah Desa Wisata Indonesia Bangkit.

"Indonesia Bangkit ini juga sejalan dengan visi misi kami Toraja Bangkit, Produktif dan Tangguh," ungkap Theofilus.

Oleh karena itu, lanjutnya, dirinya sangat yakin sektor parekraf Tana Toraja akan kembali bangkit. Tana Toraja pun menurutnya akan kembali menjadi destinasi wisata tulang punggung kedua setelah Bali.

"Kami sangat sepakat kalau ini adalah awal dan kami yakin hadirnya seorang menteri, apalagi Pak Sandiaga Uno hadir di rumah tongkonan ini kami yakin pariwisata di Desa ini dan pariwisata di Toraja akan bangkit terus, akan menjadi pariwisata yang produktif, dan tangguh," ungkap Theofilus.

"Bukan hanya tangguh bagi masyarakatnya, tetapi akan menjadi pariwisata tangguh di Indonesia. Kami yakin Toraja akan kembali menjadi destinasi wisata unggulan kedua, kami yakin itu bisa terwujud, karena Toraja memiliki potensi wisata yang luar biasa," jelasnya.



Simak Video "Indahnya Gemerlap Warna-warni Lampu Hias Tengah Kota, Tana Toraja"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA