Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Nov 2021 00:54 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Langsung Pulang, Penonton WSBK Mandalika Serbu Tempat Wisata di Lombok

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Penonton WSBK serbu tempat wisata di Lombok
Tak langsung pulang, penonton WSBK Mandalika serbu tempat wsiata di Lombok. (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Lombok -

Ajang balap motor Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah selesai. Wisatawan pun mengincar lokasi wisata.

Meski begitu, para wisatawan lokal maupun mancanegara diminta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Untuk menjaga prokes, kepolisian akan melakukan patroli.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto menjelaskan karena wisatawan mulai mengincar tempat wisata, yang paling utama diperhatikan adalah penegakan protokol kesehatan agar COVID-19 tidak menyebar.

Penerapan protokol kesehatan harus tetap diutamakan dengan cara melakukan patroli rutin di kawasan super prioritas Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

"Penggunaan protokol kesehatan yang paling utama adalah penggunaan masker, dan tentu patroli rutin protokol kesehatan akan terus kami lakukan, tentunya dengan cara yang humanis dengan menegur dan kemudian memberikan masker kepada yang tidak menggunakan masker," kata Artanto dalam keterangannya Senin (22/11/2021).

Meningkatnya wisatawan yang datang ke NTB membuat pedagang kecil maupun pemilik restoran di Kawasan Ekonomi Khusus merasakan dampaknya. Sebab, sebagian besar penonton tidak langsung pulang kendati WSBK Mandalika usai. Mereka melanjutkan agenda di Lombok dengan menuju tempat-tempat wisata.

Polisi Pariwisata, dengan seragam khusunya, disiapkan untuk melayani wisatawan sembari memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka, selain itu mereka juga dibekali dengan bahasa humanis agar wisatawan nyaman.

"Efek domino dari IATC dan WSBK cukup terasa, wisatawan mulai berdatangan ke NTB, terbukti dengan meningkatnya aktifitas penerbangan di Bandara Internasional ZAM Lombok Tengah," ujarnya.

Terpisah, Humas Bandara Internasional Lombok, Arif Harianto, mengatakan jumlah penumpang dari dan menuju Bandara Internasional ZAM Lombok Tengah semakin hari semakin meningkat.

Dia mencatat peningkatan jumlah penumpang di bandara naik 44% dari sebelumnya, lonjakan penumpang tersebut membuat petugas Polisi Bandara pun turut serta berjibaku memberikan pelayanan keamanan kepada penumpang.

Menurut catatan bandara, Kamis (18/11) lalu ada 5.757 penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional ZAM Lombok, yang berangkat 3.449 yang tiba 2.308, sebelumnya penumpang yang datang dan pergi kurang lebih berjumlah 4000.

"Mulai Kamis lalu ada kenaikan penumpang di bandara sekitar 44% dibandingkan sebelum ada IATC dan WSBK," kata dia.

Sementara para Jumat (19/11), penumpang yang tiba di Bandara Lombok mencapai 4.241, penumpang yang berangkat ada 2.084. Sehingga total penumpang ada 6.325 orang.

"Pesawat yang tiba ada 32, pesawat yang berangkat ada 31. Dengan jumlah keseluruhan mencapai 63 pesawat," dia menjelaskan.

Sementara pada Sabtu (20/11) tercatat 2.916 penumpang yang tiba di Bandara Lombok. Begitu juga dengan penumpang yang berangkat yang mencapai 2.479 orang. Tercatat terdapat 5.395 penumpang keseluruhan dari 24 pesawat yang tiba dan 24 pesawat yang berangkat.

"Tanggal 19 November merupakan puncak kedatangan penumpang di Bandara Lombok dengan 4.241 penumpang yang tiba dalam rangka event WSBK Mandalika," kata dia.



Simak Video "Hari Kedua WSBK, Kapolda NTB Ungkap Dua Fokus Pengamanan TNI-Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA