Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Nov 2021 11:09 WIB

TRAVEL NEWS

Canggih, Bandara Brasil Mulai Pakai Teknologi Pengenalan Wajah

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi Keamanan bandara
Ilustrasi bandara di Brasil. (iStock)
Jakarta -

Beberapa bandara di Brasil mulai mengenalkan aplikasi biometrik wajah untuk boarding penumpang. Alat itu akan dikembangkan untuk mempermudah penumpang dan maskapai.

Dirangkum detikcom, Kamis (25/11/2021) pengujian teknologi biometrik yang mampu mendeteksi wajah ini diuji coba di bandara domestik yang ada di Sao Paulo dan Rio de Janeiro. Adapun, maskapai yang terlibat untuk uji coba awal teknologi itu adalah maskapai Azul, Gol, dan Latam.

Pengujian dilakukan pada 5.000 penumpang di bandara yang terbang melayani kota Florianopolis, Salvador, Belo Horizonte, Brasília, serta Sao Paulo dan Rio de Janeiro. Teknologi ini diusulkan oleh Kementerian Infrastruktur dan Sekretariat Khusus untuk Manajemen dan Pemerintah Digital Kementerian Brasil.

Adapun tujuannya untuk mempermudah roses boarding penumpang tanpa perlu lagi menunjukkan kartu identitas sebelum masuk ke boarding dan pesawat.

Teknologi itu dikembangkan oleh perusahaan teknologi milik pemerintah Sapro dengan menampung masukan dari Badan Penerbangan Sipil, maskapai penerbangan, dan operator bandara. Selain itu, sekelompok perusahaan IT terlibat dalam proses tersebut, termasuk Amadeus, Biomtech, Collins, Digicon, Gunnebo, Rockwell Collins, Pacer, SITA, Wolpac, Idemia, dan Azul/Pacer.

Setelah masa percobaan dua minggu awal di bandara domestik Sao Paulo yang dapat diperpanjang, bandara Santos Dumont di Rio de Janeiro juga akan menguji coba fitur yang berfokus pada pilot dan pramugari. Proyek biometrik wajah ini didahului dengan peluncuran ID kru digital.

Ketika identifikasi biometrik diverifikasi, anggota kru dapat mengakses area tersebut tanpa perlu menunjukkan identitas fisik, sehingga menghindari kontak antara kru dan agen bandara. Jika prosesnya gagal, dokumen dapat diverifikasi secara manual.

Namun, pemerintah mempertegas jika kontrol akses melalui biometrik wajah tidak membebaskan penumpang dari prosedur pemeriksaan keamanan bandara di Brasil. Teknologi ini akan terus dikembangkan kepada seluruh bandara di Brasil pada tahun 2022.



Simak Video "Hendak Hadiri Rapat, Presiden Brasil Konvoi Motor Bareng Pendukung"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA