Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Nov 2021 17:41 WIB

TRAVEL NEWS

Relokasi Malioboro di Januari, PKL Terkejut: Katanya Baru Sosialiasi, kok Pindah?

Heri Susanto
detikTravel
Seorang PKL yang berjualan di Malioboro, Yogyakarta, meninggal dengan status positif COVID-19. Seperti apa kondisi terkini di area zona 3 Malioboro saat ini?
Ilustrasi PKL Malioboro (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Relokasi PKL di Malioboro kian dekat. Per Januari, PKL Malioboro harus pindahan di shelter sementara sebelah utara Kantor DPRD DIY atau bekas kantor Dinas Pariwisata DIY.

"Kalau informasinya per Januari 2022 harus sudah pindah. Apakah 1 Januari atau Januari, saya pas tidak memperhatikan," kata Ketua Komunitas PKL Tri Dharma Rudiarto saat dihubungi wartawan, Jumat (26/11/2021).

Ia mengungkapkan kabar ini sangat mendadak bagi PKL Malioboro. Sebab, PKL Tri Dharma beberapa hari sebelumnya tengah dimediasi Pemkot Yogyakarta dengan salah satu toko es krim di Jalan Malioboro. Karena, lorong yang biasa untuk berjualan dipasangi kursi pemilik toko.

"Setahu kami baru di tahap sosialisasi mengenai itu. Karena undangan mendadak lewat HP hari Selasa (sosialisasi Selasa malam). Ada keputusan soal pemasangan kursi di lorong tempat berjualan tempat kami," dia menjelaskan.

Tapi, saat sosialisasi ternyata malah mereka diminta segera pindah di shelter sementara per Januari.

"Kami sempat bingung. Kami belum menentukan sikap (menerima atau menolak). Saat ini kami masih menggelar pertemuan marathon dengan kelompok-kelompok," katanya.

Format sosialisasi itu pun, kata dia, hanya mengundang ketua-ketua kelompok bagian dari Komunitas Tri Dharma. Sedangkan Komunitas lain Pemalni, diundang sosialisasi berbeda waktu.

"Sepertinya marathon juga sosialisasi ini. Karena komunitas lain diundang juga setelah kami," dia menambahkan.

Ya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Ekwanto menjelaskan saat ini baru tahap sangat awal untuk relokasi PKL Malioboro. Yaitu, sosialisasi rencana penataan Malioboro.

"Baru sosialisasi penataan Kawasan Malioboro. Agar tidak kaget (mendadak)," kata Ekwanto, dihubungi wartawan, Kamis (25/11/2021).

Soal rencana penataan, lanjut Ekwanto, hal tersebut akan dilakukan Pemda DIY. Sebab, (UPT) Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Yogyakarta baru diberi wewenang untuk sosialisasi dengan tahap pendataan.

"Ya salah satunya pendataan," katanya.

Tapi, terkait dengan penataan, kataEkwanto, akan direlokasi. Hanya saja,Ekwanto mengaku belum mengetahui detail lokasi baru untukPKL diMalioboro.

"Iya ada beberapa lokasi (relokasi). Belum tahun dimana (tempat relokasi)," dia menambahkan.



Simak Video "Hari Pertama Boyongan, Masih Ada PKL Berjualan di Luar Teras Malioboro"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA