Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Nov 2021 19:56 WIB

TRAVEL NEWS

Pesona Desa Liya Togo, Ada Benteng Kuno Peninggalan Kerajaan Buton

Putu Intan
detikTravel
Desa Wisata Liya Togo di Wakatobi
Foto: dok. Kemenparekraf
Wakatobi -

Menparekraf Sandiaga Uno menyambangi Desa Wisata Liya Togo di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Desa ini punya banyak destinasi menarik, salah satunya Benteng Keraton.

Sandiaga melihat langsung potensi satu-satunya desa wisata di Sulawesi Tenggara yang berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, secara umum ADWI diharapkan dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia, khususnya Desa Wisata Liya Togo kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata-desa wisata baru di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa.

Desa Wisata Liya Togo di WakatobiSandiaga di Desa Wisata Liya Togo di Wakatobi. Foto: dok. Kemenparekraf

"Saya sangat berbangga bisa sampai di Desa Wisata Liya Togo di Kabupaten Wakatobi. Saya sebelumnya sudah menerjunkan tim, dan ada banyak potensi yang dapat kita kembangkan. Desa ini luar biasa potensinya dan itu terbukti karena berhasil menembus 50 besar," kata Sandiaga dalam rilis yang diterima detikcom.

Desa Wisata Liya Togo memiliki potensi yang unik. Desa yang berada di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan ini memiliki kekuatan wisata sejarah dan budaya.

Pertama adalah keberadaan Benteng Liya atau yang dikenal juga sebagai Benteng Keraton yang merupakan peninggalan warisan dari Kerajaan Buton. Tidak seperti benteng pada umumnya, benteng di Desa Liya Togo terbuat dari susunan batu gunung dengan campuran putih telur dan kapur sebagai perekatnya.

Benteng seluas 52 hektare ini terdiri dari tiga lapis. Dimana di setiap lapisan benteng masyarakatnya tinggal berdampingan nan bersahaja dengan adat budayanya yang kuat.

Di dalam lapisan inti benteng, wisatawan bisa melihat keberadaan Masjid Mubarak, yakni masjid tertua ke-2 yang sudah dibangun sejak tahun 1546 milik Kesultanan Buton. Masjid Mubarok menjadi saksi penyebaran Islam di Pulau Wangi-Wangi, yang saat ini masuk menjadi bagian dari Kabupaten Wakatobi.

Desa Wisata Liya Togo di WakatobiBenteng Liya. Foto: dok. Kemenparekraf
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sandiaga Uno Terkesan dengan Cerita Film 'Ngeri-Ngeri Sedap'"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA