Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Nov 2021 15:38 WIB

TRAVEL NEWS

Sambangi Desa Wisata di Bulukumba, Sandiaga Janji Wujudkan Bandara

Resmi Punya Desa Wisata, Sandiaga Janji Proses Bandara Bulukumba
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Bulukumba -

Menparekraf Sandiaga Uno meresmikan Desa Ara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), sebagai satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Sandiaga berjanji bakal merealisasikan pembangunan bandara wisata di Bulukumba.

"Permintaan terhadap bandara ini akan kita proses, mudah-mudahan bisa kita ajukan ke lintas kementerian dan juga melalui proses di Rakernas," kata Sandiaga kepada wartawan usai meresmikan Desa Wisata Ara di area Tebing Apparalang, Kamis (25/11/2021).

Resmi Punya Desa Wisata, Sandiaga Janji Proses Bandara BulukumbaResmi Punya Desa Wisata, Sandiaga Janji Proses Bandara Bulukumba Foto: (Hermawan Mappiwali/detikcom)

Sandiaga mengatakan keberadaan bandara wisata itu bisa memaksimalkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata Ara dan sekitarnya.

"Kalau potensi harus itu bandara. Menurut saya bagian dari pada interkonetivitas dan ini bandaranya bandara pariwisata jadi betul-betul landasan minim sama daerah wisata lain seperti Bali, Labuan Bajo, Wakatobi dan Toraja dan ini adalah hak dari bandara-bandara pariwisata," katanya.

Selain pembangunan bandara, Sandiaga juga mendorong wisata kapal pinisi diadakan di Desa Wisata Ara. Menurutnya, Desa Ara yang menjadi tempat kapal phinisi dibuat sudah seharusnya memiliki wisata kapal phinisi tersebut.

"(Wisata Phinisi) sepatutnya Pak Bupati jadikan ikon pariwisata di Bulukumba dan nanti ada juga di sini pemikiran saya dan Pak Bupati sama kita akan membuka klaster di mana kekuatannya itu wisata bahari," tutur Sandiaga.

"Dan kita lihat danau Toba sekarang itu perlu phinisi, dari mana datangnya ya talentanya dari Bulukumba dan dari daerah wisata Ara ini kita ekspor keahlian dan keindahan alam di sini supaya masyarakat sejahtera terbuka lapangan kerja seluas-luasnya," Sandiaga menambahkan.

Selebihnya, Menparekraf meminta kualitas dan kuantitas produksi suvenir di Desa Wisata Ara ditingkatkan, sehingga para calon wisatawan memiliki pilihan yang menarik ketika berkunjung.

"Kata Pak Bupati alat produksi perlu dibantu. Itu nanti melalui Kadim dan Dekranas saya ingin mendorong kolaborasi ke depan untuk pemenuhan karena kita ingin berwisata di sini bukannya selfie-selfie tapi beli juga produk kreatif ekonominya wisata Desa Ara," katanya.



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Cicipi Aneka Kuliner Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA