Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Nov 2021 11:10 WIB

TRAVEL NEWS

Waspada Varian Omicron, 12 Negara Larang Penerbangan ke Afrika Selatan

CNN Indonesia
detikTravel
WHO beri nama Omicron untuk varian baru virus corona di Afsel yang bermutasi sangat cepat
Ilustrasi (BBC World)

8. Australia

Australia melarang penerbangan dari sembilan negara Afrika selatan pada hari Sabtu (27/11), memperketat perbatasan untuk mencegah masuknya varian baru COVID-19 Omicron.

Warga non-Australia yang mengunjungi Afrika Selatan, Zimbabwe dan beberapa negara lain dalam dua minggu terakhir juga akan dilarang masuk Australia, kata Menteri Kesehatan Greg Hunt.

"Ini adalah tindakan yang kuat, cepat, tegas dan segera," kata Hunt kepada media di Canberra, seperti yang dikutip dari AFP.

9. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga membatasi perjalanan dari Afrika Selatan. Pembatasan ini seiring dengan perkembangan COVID-19 varian baru yang bernama Omicron.

Presiden AS Joe Biden mengatakan seluruh negara harus menyumbangkan lebih banyak vaksin COVID-19 dan melepas perlindungan kekayaan intelektual. Hal ini agar bisa memproduksi lebih banyak vaksin di seluruh dunia dan membendung penyebaran COVID-19.

"Berita tentang varian baru ini seharusnya membuat lebih jelas dari sebelumnya mengapa pandemi ini tidak akan berakhir sampai kita memiliki vaksinasi global," ucap Biden.

10. Arab Saudi

Arab Saudi mengumumkan penangguhan penerbangan dari tujuh negara Afrika pada Jumat (26/11), karena munculnya varian baru COVID-19.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menangguhkan penerbangan dari dan ke Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Lesotho dan Eswatini.

11. Kanada

Kanada menutup perbatasan untuk semua orang asing yang telah berkunjung ke tujuh negara di Afrika selatan dalam 14 hari terakhir karena varian baru COVID-19 yang menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia.

Larangan tersebut berlaku untuk wilayah Afrika Selatan, Mozambik, Namibia, Zimbabwe, Botswana, Lesotho, dan Eswatini.

12. Thailand

Seperti diberitakan Reuters, pemerintah Thailand melarang masuknya orang yang bepergian dari delapan negara Afrika yang ditetapkan sebagai berisiko tinggi untuk varian baru Omicron COVID-19.

Thailand tidak akan mengizinkan pelancong dari negara-negara tersebut untuk melakukan perjalanan ke Thailand mulai Sabtu (27/11).

13. Oman

Oman melarang melarang penerbangan dari tujuh negara, termasuk Afrika Selatan mulai Minggu (28/11) untuk mencegah masuknya varian baru COVID-19 Omicron.

Seperti diberitakan Reuters, Oman juga melarang masuk pelancong dari Afrika Selatan, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia dan Zimbabwe.

Sementara Indonesia, hingga saat ini belum membuka perjalanan ke Afrika Selatan. Hanya ada pelancong dari 19 negara yang boleh masuk Indonesia, tidak termasuk Afsel.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA