Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Des 2021 10:40 WIB

TRAVEL NEWS

Dispar Sleman Verifikasi Penerima Bantuan Usaha Pariwisata Rp 1,8 Juta

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Yogyakarta. Sandiaga Uno sempat menjajal offroad.
Foto: Ilustrasi wisata di Sleman (dok. Kemenparekraf)
Sleman -

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman tengah melakukan verifikasi bagi penerima bantuan usaha berskala kecil dalam industri pariwisata sebesar Rp 1,8 Juta.

Seperti diketahui, ada enam jenis yang masuk kategori Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP) 2021.

"Kita sedang verifikasi ini, kan baru kemarin-kemarin ketentuan itu turun. Sekarang sedang berproses mereka mengusulkan kita verifikasi tapi memang namanya hanya diambil yang ada di OSS tahun 2018-2020," kata Kepala Dispar Sleman Suparmono kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, pihaknya masih terus menyaring usaha jasa pariwisata yang berhak mendapatkan bantuan ini.

"Verifikasi secara online, sejauh ini baru menyetujui 2 yang sudah komplet. Kan data-datanya agak banyak kita tim secara periodik juga rapat untuk menentukan itu," tuturnya.

"Hari ini juga ada sosialisasi lagi terhadap pelaku yang seharusnya dapat dari Kementerian. By namenya sudah ada dari Kementerian kita tinggal verifikasi setelah data dia masuk. Kementerian dapat data dari BKPM," sambungnya.

Pria yang akrab disapa Pram ini mentargetkan bisa menyalurkan bantuan ini pada akhir tahun ini.

"Bantuannya Rp 1,8 juta dapatnya untuk tiga bulan. Target penyaluran sebelum akhir tahun," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah mengucurkan bantuan lagi buat usaha berskala kecil dalam industri pariwisata. Ada enam jenis yang masuk kategori Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP) 2021.

Hal itu disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan di kantornya, Senin (22/11) lalu. Kata dia, tempat spa hingga hotel melati bisa mendapatkannya.

"BPUP 2021 merupakan salah satu bantuan pemerintah yang diberikan kepada usaha pariwisata skala kecil dan menengah yang terdaftar pada OSS Kementerian Investasi/BKPM tahun 2018-2020," kata Sandiaga.

"Bantuan ini diberikan kepada enam jenis usaha yaitu agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyediaan akomodasi lainnya," imbuh dia.

Karena diperuntukkan bagi usaha berskala kecil, mereka hanya mendapat bantuan yang terbilang sedikit pula. Namun, bantuan ini setidaknya akan membantu di kala PPKM Level 3 saat Nataru di Sleman.



Simak Video "Ketahuan Curi Cabai, Bowo Tewas Disabet Celurit"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA