Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Des 2021 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Saudi Arabia Cabut Larangan untuk Indonesia, Sudah Bisa Umroh?

Syanti Mustika
detikTravel
Mecca , Saudi Arabia , Oct/22/2020 - Pilgrims circle the Kaaba at Masjid al-Haram - umrah Fewer Muslims people socially distanced corona virus wearing face mask Covid 19
Ilustrasi umroh (iStock)
Jakarta -

Terhitung mulai 1 Desember, Saudi Arabia resmi membuka kembali gerbang internasionalnya untuk Indonesia. Apakah berarti umroh sudah bisa dilaksanakan?

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi. Menjelang kepulangan dari kunjungan kerjanya dari Arab Saudi, otoritas penerbangan Arab Saudi telah memperbarui aturan penerbangan internasionalnya. Terhitung sejak 1 Desember 2021, penerbangan dari Indonesia bisa langsung menuju ke Arab Saudi.

Kebijakan terbaru itu rupanya belum berarti umat muslim Indonesia bisa umroh lagi.

"Mulai hari ini status suspend kita dicabut dan diberikan izin untuk melaksanakan penerbangan langsung menuju Arab Saudi. Saat ini yang bisa terbang adalah pemegang visa selain umroh, bisa tenaga kerja atau bisnis. Untuk umroh belum, kami masih menunggu dibukanya akses visa e-umrah, tempat prosedur pengajuan visa dilakukan. Saat ini e-umrah belum bisa di akses, dibuka sudah bisa tapi untuk pengajuan visa belum bisa," kata Firman M Nur, ketua umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP Amphuri) saat dihubungi detikcom, Rabu (1/12/2021).

Firman juga belum dapat memastikan kapan umroh bisa dilaksanakan lagi untuk jemaah Indonesia. Firman berharap umroh bisa dilakukan secepatnya.

"Amphuri meyakinkan dengan adanya izin terbang langsung berarti ada lampu hijau. Dalam waktu dekat Indonesia akan dibuka sistem umrohnya sehingga bisa dilakukan pengajuan visa umroh. Dalam rapat kerja menteri agama, pertengahan Desember ini umrah Indonesia akan dimulai," kata Firman.

"Ini yang jadi komitmen pemerintah dan kami berharap bisa betul direalisasikan atau kita berharap dalam waktu dekat. Informasi tidak resmi dari Amphuri bersama pihak-pihak Arab Saudi yang mengarah dibukanya dalam pembukaan waktu dekat ini adalah proses pengajuan visa umrah," kata Firman.



Simak Video "Jemaah Umroh Diberangkatkan Meski Omicron Mewabah, Ini Kata Kemenag"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA