Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Des 2021 08:15 WIB

TRAVEL NEWS

Arab Saudi 'Permudah' Jamaah Umrah, Harapannya Indonesia Juga Begitu

Syanti Mustika
detikTravel
Mecca , Saudi Arabia , Oct/22/2020 - Pilgrims circle the Kaaba at Masjid al-Haram - umrah Fewer Muslims people socially distanced corona virus wearing face mask Covid 19
Foto: iStock

Solusi dari Amphuri

Firman pun mengungkapkan bahwa Amphuri menyadari karantina adalah hal wajib demi melindungi warga. Namun, perjalanan ibadah umroh adalah perjalanan yang dimonitoring ketat sebelum keberangkatan oleh pemerintah.

Selain itu, monitoring ketat dilakukan selama perjalanan, seperti dalam pesawat akan diisi oleh jemaah umroh nantinya. Kemudian, monitoring ketat dalam pelaksanaan ibadah di Tanah Suci, mulai karantina, kegiatan ibadah yang terjadwal, bahkan pulang membawa PCR negatif.

"Dan pada saat pulang ke tanah air kita berharap pemerintah memberi kekhususan pada bagian monitoringnya setelah kontrol yang ketat tadi. Jamaah tetap melakukan karantina, namun dilakukan secara mandiri hingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar hotel," kata dia.

"Juga mereka yang umrah pasti diketahui oleh tetangga atau lingkungan sekitarnya, dan ketika mereka pulang ke tanah air bisa karantina di rumah masing-masing dengan diawasi secara ketat oleh pemerintah. Bisa melalui aplikasi atau memastikan para tetangganya, jamaah tersebut karantina ketat di rumahnya. Sehingga, kita bisa sama-sama memberikan solusi kepada masyarakat yang sekian lama menunggu hilang kesempatan karena tidak mampu membayar biaya tambahan," kata Firman.

Opsi lain juga ditawarkan oleh Firman kepada pemerintah dengan harapan berpihak kepada para jemaah umroh.

"Karena para jamaah ke Tanah Suci dengan biaya sendiri tentu ketika mereka ibadah mereka menjadi bagian duta bangsa. Juga dia pasti tidak hanya mendoakan diri dan keluarga saja, pasti dia mendoakan bangsanya juga. Dan kita apresiasi, mungkin dengan karantina dengan biaya pemerintah dan fasilitas pemerintah," kata Firman.

Bagaimana menurut traveler?

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA