Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Des 2021 07:10 WIB

TRAVEL NEWS

Terdiri dari Laut hingga Pegunungan, Begini Kondisi Alam Indonesia

2. Air terjun Kembar
Foto: detik
Jakarta -

Alam Indonesia terbentang luas terdiri dari pantai hingga pegunungan yang indah. Yuk ketahui lebih lanjut bagaimana kondisinya.

Bentuk muka bumi Indonesia dibagi menjadi dua macam, yaitu daratan dan perairan. Daratan dibagi menjadi gunung, pegunungan, perbukitan, dataran rendah dan lembah. Sementara perairan dibagi menjadi dua yaitu laut dan perairan di daratan.

Menurut Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas VII SMP Negeri 1 Pagerbarang dalam situs Kemendikbud, perairan laut meliputi samudera, laut, selat, teluk dan tanjung. Sedangkan perairan yang ada di daratan yaitu danau dan sungai.

Secara geologis, Indonesia terletak di tiga pertemuan lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan Lempeng Pasifik. Ketiga lempeng tersebut saling bertumbukan yang dapat mengakibatkan bencana seperti gempa bumi, tsunami serta letusan gunung api. Tumpukan ketiga lempeng tersebut juga membentuk rangkaian pegunungan.

Sementara, kondisi geologi Indonesia berdasarkan jalur pegunungan ada dua macam, yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Sedangkan berdasarkan dangkalan yang terbentuk ada tiga macam, yaitu dangkalan sunda, dangkalan peralihan Australis, Asiatis dan dangkalan sahul.

Letak geologis Indonesia juga mempengaruhi kondisi tanah dan penampakan alam, di antaranya,

1. Kepulauan Indonesia banyak memiliki gunung api aktif
2. Laut di Indonesia bagian barat merupakan laut dalam, sedangkan laut wilayah tengah dan timur merupakan laut dangkal
3. Wilayah Indonesia juga menyimpan banyak tambang dan mineral (emas, perak dan besi)
4. Wilayah Indonesia termasuk 'Rawan Bencana'
5. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi
6. Sering muncul gunung api di tengah laut.

Menurut buku Geografi SMP Kelas VII karya Sri Haryatim Enok Maryani, Murnaria Manalu, berdasarkan pendekatan biogeografi, jenis flora di Indonesia bagian barat yaitu meranti jenis rotan, sedikit jenis tumbuhan matoa dan berbagai jenis nangka. Sedangkan flora bagian timurnya sedikit jenis meranti, tidak terdapat jenis rotan, terdapat hutan kayu putih dan tidak terdapat jenis nangka.

Sementara, untuk pesebaran fauna Indonesia, garis Wallace Indonesia membagi fauna Indonesia menjadi tiga tipe, yakni Asiatis, peralihan dan Australis. Nah, tipe Asiatis berada di Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali. Jenis fauna di tipe ini yaitu, orang utan, gajah, badak, harimau dan rusa.

Untuk tipe peralihan berada di Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian tengah dengan jenis fauna babi rusa, kuda, kuskus, anoa dan komodo. Tipe Australis terdapat di Kepulauan Aru dan Papua, di dalamnya bisa ditemui Kanguru, Cenderawasih, Kakatua, Nuri, Kasuari dan Walabi.



Simak Video "Kriteria WNA yang Masih Diizinkan Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA