Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Des 2021 11:06 WIB

TRAVEL NEWS

Kondisi Geografis Gunung Semeru, Gunung Tertinggi di Jawa

Gunung Semeru mengalami erupsi Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Arupsi itu mengakibatkan rumah-rumah warga terendam abu vulkanik Gunung Semeru.
Penampakan rumah yang tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru Foto: AFP/ADEK BERRY
Jakarta -

Sabtu sore (4/12/2021), Gunung Semeru yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur mengalami guguran awan panas.

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggiannya mencapai 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl), dengan puncaknya dikenal sebagai Mahameru.

Suhu di puncak Mahameru berkisar antara 0 hingga 4 derajat celsius. Sedangkan suhu rata-rata di Gunung Semeru adalah 3-8 derajat celsius di malam hari. Sementara, di siang hari adalah 15-21 derajat celsius.

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru saat ini terdapat di Kawah Jonggring Seloko yang terletak di sebelah tenggara puncak Mahameru yang terbentuk sejak 1913. Kawah ini berada di sisi tenggara puncak Mahameru.

Mengutip situs ESDM, letusan G. Semeru umumnya bertipe vulkanian dan strombolian, berupa penghancuran kubah/lidah lava, serta pembentukan kubah lava/lidah lava baru. Penghancuran kubah/lidah lava mengakibatkan pembentukan awan panas guguran yang merupakan karakteristik dari G. Semeru.

Secara administratif Gunung Semeru terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung Semeru memiliki tipe strato dengan kubah lava. Letak geografis Gunung Semeru berada di 08'06,5' Lintang Selatan dan 112°55' Bujur Timur.

Gunung Semeru merupakan bagian dari pengelolaan taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang mencakup lembah dan gunung seluas 50.273,3 hektar.

Di dalam kompleks Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini, terdapat Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Watangan, dan Gunung Widodaren. Kompleks tersebut juga mencakup Danau Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo, dan Ranu Darungan.

Tumbuhan yang ada dalam kompleks Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah pohon-pohon besar berumur ratusan tahun, berbagai jenis anggrek, rumput langka, edelweiss, jamuju, dan cemara gunung.

Gunung Semeru mempunyai karakteristik beragam di dalamnya, seperti sabana, hutan cemara, hutan montana, dan danau di ketinggian. Dalam taman nasional ini ada beberapa hewan dilindungi, yaitu luwak, rusa, kera ekor panjang, kijang, ayam hutan merah, macan tutul, ajag, alap-alap burung, elang ular bido, burung rangkong, burung srigunting hitam, elang bondol, dan belibis yang hidup di Danau Ranu Pani, Ranu Kumbolo, dan Ranu Regulo.

Simak Video 'Soal Semeru, Jokowi Minta Keselamatan Korban Cedera Diprioritaskan':

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dMentor
×
Gara-gara NFT Ghozali
Gara-gara NFT Ghozali Selengkapnya