Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Des 2021 22:03 WIB

TRAVEL NEWS

Oh No! Masjid yang Dulunya Katedral Rusak karena Kebanjiran Turis

bonauli
detikTravel
The Great Mosque or Mezquita famous interior in Cordoba, Spain
Masjid Agung Cordoba (Thinkstock)
Cordoba -

Masjid cantik satu ini terbilang unik karena sejarah panjangnya. Sudah jadi monumen islam dunia, kini masjid ini punya tantangan tantangan baru.

Inilah Masjid Agung Cordoba yang terletak di Cordoba, Andalusia, Spanyol. Cordoba sendiri merupakan kota peninggalan kejayaan Islam di Eropa.

Karena fungsinya yang pernah menjadi masjid dan gereja Katolik, nama resmi bangunan ini adalah Masjid-Katedral Cordoba. Selain itu, masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Agung Cordoba dan Mezquita Cordoba.

Dilansir dari Arab News, Masjid Agung Cordoba berada di bawah ancaman karena wisatawan. Setiap tahunnya masjid ini kedatangan jutaan pengunjung yang sekarang malah menyebabkan kondensasi. Setiap tahunnya ada sekitar 2 juta pengunjung ang berwisata ke sini.

Ornamen di Masjid Cordoba SpanyolOrnamen di Masjid Cordoba Spanyol Foto: Rizki Ramandhika

Bahaya yang menyelimuti bangunan ini terungkap dalam sebuah laporan yang diserahkan kepada pemerintah Minggu ini. Adanya kondensasi membuat beberapa area utama masjid rusak.

Yang paling terlihat adalah rusaknya bagian mihrab ikonik. Mihrab ini menunjukkan arah Makkah dan menyediakan ruangan untuk mengarahkan salat.

"Hal ini disebabkan oleh konfigurasi arsitektur khusus ruang dan ventilasi yang tidak memadai," kata laporan itu.

Panas tubuh yang dipancarkan oleh wisatawan menyebabkan kerusakan.

Membahas kejayaan peradaban Islam tak mungkin melewatkan negara Spanyol. Sebab di masa lalu, Islam tumbuh subur dan berjaya di negara tersebut.Foto: Dok. www.artencordoba.com

"Penguapan ini menyebabkan disintegrasi bahan-bahan ini dan berkontribusi pada kerusakan yang cepat," jelasnya.

Sebelum masalah kelebihan wisatawan, Masjid Agung Cordoba sudah lebih dulu mengalami kesulitan karena panasnya cuaca kota itu. Cordoba sendiri masuk dalam kota terpanas di Semenanjung Iberia dengan capaian suhu 47 derajat celcius.

"Ketika momen penguapan terbesar bertemu dengan momen masuknya wisatawan terbesar, telah diverifikasi secara empiris bagaimana indeks kelembaban mutlak lingkungan meningkat sangat nyata, yang menimbulkan risiko bagi konservasi bahan yang paling sensitif," ungkap laporan tersebut.

Bahan yang paling sensitif termasuk kayu, yang menjadi bagian utama dari bahan bangunan. Dari laporan tersebut Masjid Agung Cordoba direkomendasikan agar meningkatkan ventilasi gedung, mengontrol arus pengunjung, tidak membuat turis berkumpul di satu tempat dan penyebaran pemukiman ke daerah kabupaten.



Simak Video "Kehadiran Tikus Bikin Heboh Rapat Parlemen di Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA