Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Des 2021 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Paparkan Kondisi 12 Desa Wisata di Lereng Semeru

Desa Ranupani
Foto: Desa Wisata Ranupani (Masaul/detikcom)
Jakarta -

Gunung Semeru erupsi dan membuat desa di sekitarnya diguyur abu, lumpur, dan awan panas. Menparekraf Sandiaga Uno memaparkan kondisi desa wisata di sekitar lokasi bencana.

Sandiaga Uno mengungkapkan kondisi 12 desa wisata yang terletak di lereng Gunung Semeru, tepatnya di Kecamatan Candipuro. Salah satunya adalah Ranu Pani, satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Desa ini dalam kondisi aman dengan debu tipis ringan.

"Baru saja kami berkunjung ke desa wisata Ranu Pani itu juga ada di lereng Semeru, tapi Alhamdulillah berdasarkan laporan kepala desa, Ranu Pani tidak termasuk daerah yang terdampak, oleh karena itu mudah-mudahan semua yang terlibat dalam penanganan juga bisa segera memberikan bantuan terutama pemenuhan kebutuhan dasar, pendirian dapur umum dan lain sebagainya," kata Sandiaga.

Selain itu, ada Desa Wisata Hutan Bambu yang memiliki daya tarik hutan bambu pemandian alam dan taman bunga You and I. Kondisinya tertutup debu vulkanik namun kerusakannya nihil dan masih dalam tahap identifikasi.

Lalu ada Desa Wisata Tirto Sari View dengan daya tarik Tirtosari View, De Kalipo Caffe. Ada kerusakan akses jalan yang berdebu vulkanik dan tak ditemukan korban jiwa. Selanjutnya ada Desa Gunung Wayang.

"Desa wisata gunung wayang, ini daya tariknya adalah take off paralayang ini kerusakannya masih diidentifikasi tapi akses debu vulkanik dan atraksi yang rusak adalah tempat take off dan landing untuk paralayang," kata Sandi.

Sementara, akses jembatan penghubung Lumajang-Pronojiwo di Desa Wisata Pronojiwo terputus. Kondisi jalan di desa wisata yang memiliki banyak homestay ini berdebu ringan.

Selain itu, dua desa wisata Senduro dan Siti Sundari dalam kondisi aman dan debu tipis ringan. Tapi, lima desa wisata lainnya memiliki korban bencana.

"Yang terjadi pada korban bencana itu ada di Desa Wisata Sumber Mujur, Desa Wisata Penanggal, Desa Wisata Sumberwuluh, dan Desa Wisata Supiturang serta Desa Wisata Oro-Oro Ombo," kata Sandiaga

"Ini yang sedang kami identifikasi dan kita harapkan dukungan dari semua pihak agar kita bisa menurunkan bantuan yang tepat sasaran dan segera bisa diimplementasikan," dia menambahkan.



Simak Video "Hadfana Firdaus, Penendang Sesajen di Semeru Divonis 10 Bulan Bui"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA