Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Des 2021 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Wow! Batu Safir Biru Terbesar Dunia Ada di Negara Ini

bonauli
detikTravel
Ilustrasi Safir (gemsociety.org)
Ilustrasi batu safir (gemsociety.org)
Sri Jayawardenepura Kotte -

Batu safir biru terbesar dunia sudah ditemukan. Kini keberadaannya sedang dipamerkan di Sri Lanka.

Dilansir dari Reuters, batu safir biru korondum ini alami dan yang terbesar di dunia. Batu safir ini memiliki berat 310 kg.

Batu safir ini baru ditemukan sekitar tiga bulan lalu. Ahli permata lokal yang sudah memeriksa batu safir itu menjadi yang paling langka di dunia karena beratnya.

Hanya saja, organisasi internasional belum mengesahkannya sebagai yang terberat di dunia. Pihak yang berwenang masih membutuhkan waktu untuk mengindentifikasinya.

Kini batu safir itu dipajang di rumah salah satu pemilik tambang lubang permata di Horana, 65 km selatan Kolombo, ibu kota Sri Lanka

Batu itu ditemukan di daerah Ratnapura. Ratnapura dikenal sebagai ibu kota permata negara Asia Selatan. Dari sanalah pengekspor batu safir dan permata berharga lainnya.

Menurut laporan badan industri permata dan perhiasan setempat, Sri Lanka memperoleh sekitar setengah miliar dolar melalui ekspor permata, berlian, dan perhiasan lainnya tahun lalu.

Beberapa bulan lalu, dunia juga dihebohkan dengan penemuan berlian merah muda terbesar dunia. Berlian ini ditemukan di Botswana, Afrika pada bulan Juli 2021.

Berlian ini mengandung 62,7 karat dan dijuluki Boitumelu, karena dianggap paling langka dan paling berharga di dunia.



Simak Video "Antrean Panjang Warga Sri Lanka Demi Dapatkan BBM"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA